fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
5 Fakta Unik Kepulauan Seribu, Ada Monas di Bawa Laut!

5 Fakta Unik Kepulauan Seribu, Ada Monas di Bawa Laut!

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Edukasi / Fakta Unik
7
Dec 2022

Siapa bilang Jakarta hanya tentang gedung pencakar langit yang menjulang tinggi? Jakarta memiliki wajah lain yang bisa kamu nikmati melalui Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu merupakan kabupaten yang ada di DKI Jakarta yang wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta yang merupakan satu-satu wilayah DKI Jakarta yang berbentuk kabupaten.

Kepulauan Seribu sudah begitu populer di kalangan wisatawan karena memiliki keunikan. Apa saja keunikan dari Kepulauan Seribu? Yuk mari kita simak!

1. Jumlah Pulau Bukan Seribu

Google Maps/Melisa

Meskipun namanya Kepulauan Seribu tapi jumlah pulau di kepulauan ini tidak berjumlah seribu loh! Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 km2 dan total pulau di Kepulauan Seribu terdiri lebih dari 110 pulau. Dinamakan Kepulauan Seribu karena jumlah pulaunya yang banyak.

2. Monasnya Kepulauan Seribu

Dok. Telapak

Berbeda dengan Monas Jakarta Pusat, ‘monas’ di Kepulauan Seribu terdapat monas yang biasa disebut Jakarta Coral Garden yang berada di bawah laut dengan ke dalaman kurang lebih 5 meter dengan tinggi 2,5 meter dalam rangka Coral Day. Kamu bisa mengunjungi Jakarta Coral Garden di Pulau Pramuka. Monas tersebut dibangun sebagai wujud kepedulian warga pada terumbu karang yang ada di Kepulauan Seribu.

3. Wisata Sejarah di Pulau Onrust

(Google Maps/Emily)

Ada satu pulau di Kepulauan Seribu yang menyimpan sejarah dan misteri. Lokasinya enggak jauh dari Pulau Bidadari yang dijadikan destinasi wisata sejarah. Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti tidak pernah beristirahat. Banyak bangunan bekas peninggalan Belanda seperti benteng, rumah sakit, pemakaman, dan Museum Tamana Arkeologi. Pulau ini menjadi saksi bisu perebutan kekuasaan Kerajaan Banten dan Jayakarta.

4. Situs Wisata Religi

Google Maps/Saeful AlBahri

Di Kepulauan Seribu juga terdapat situs wisata religi. Di Pulau Panggang terdapat makam Al-Habib Ali bin Ahmad bin Zein Aidid, ulama asal Hadramaut yang menyebarkan Islam di wilayah tersebut pada abad ke-18. Selain itu, bersemayam pula Pendekar Darah Putih, mantan pemimpin masyarakat Pulau Panggang yang berjuang melawan perompak. Terdapat pula makam Syarif Maulana Syarifuddin di Pulau Kelapa dan Sultan Mahmud Zakaria di Pulau Panjang.

5. Mercusuar yang Menjulang Tinggi

Dok. Jojo

Di Kepulauan Seribu juga terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar-mercusuar tersebut sudah berusia tua bahkan ada yang dibangun masa Belanda. Pertama, mercusuar setinggi 65 meter di Pulau Edam yang dibangun tahun 1879. Kedua, mercusuar Noord Watcher di Pulau Sabira yang berdiri sejak 1869 yang merupakan mercusuar paling tua. Terakhir, mercusuar yang berdiri di Pulau Saktu yang baru dibangun pada 1981.

Wah ternyata Kepulauan Seribu bukan hanya menampilkan keindahan saja ya, tapi juga memiliki keunikannya sendiri. Rasanya pasti seru banget untuk mengunjungi Kepulauan Seribu. Kamu berminat untuk berwisata ke Pulau Seribu? Agar perjalananmu lebih menyenangkan, yuk cari open trip bersama Asgatour. Liburan tanpa ribet, tanpa mumet ya sama Asgatour!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >