fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Inilah 12 Jenis Visa yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah 12 Jenis Visa yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Edukasi
22
Dec 2022

Sebelum berpergian ke luar negeri, visa menjadi syarat penting yang harus kita persiapkan. Visa tidak sama dengan paspor. Visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara sebagai tanda izin untuk memasuki wilayah negara tersebut. Memang tidak semua negara mewajibkan memiliki visa untuk memasuki wilayahnya, tetapi bagi negara yang menerapkan aturan wajib visa, kamu harus memilikinya agar terhindar masalah dengan pihak imigrasi.

Visa dibuat berdasarkan tujuan kunjungan kita ke negara. Ada beberapa jenis visa yang disesuaikan dengan kunjungan kita. Apa saja sih macam-macam visa? Berikut adalah daftarnya.

1. Visa Kunjungan Wisata

Visa ini diperuntukan bagi seseorang yang akan traveling ke luar negeri. Visa ini berfungsi agar kamu diizinkan masuk ke negara tujuan wisata dengan masa berlaku dan syarat mengajukan visa ini disesuaikan dengan negara tujuan. Visa ini termasuk yang paling banyak diajukan oleh masyarakat Indonesia.

2. Visa Kunjungan Keluarga

Jika kamu ingin mengunjungi keluargamu di luar negeri, kamu harus membuat visa kunjungan keluarga. Masa berlaku visa ini adalah 3 bulan. Sertakan juga surat undangan dari keluarga kamu di negara tujuan dan surat pernyataan bahwa kamu akan menjadi tanggung jawab keluarga kamu di negara tersebut.

3. Visa Kerja

Jika kamu menjadi seorang karyawan di perusahaan di luar negeri, kamu memerlukan visa kerja. Visa kerja memiliki beberapa jenis sesuai dengan lamanya kontrak kerja, yaitu visa kerja sementara, semi-permanen, atau permanen. Visa ini hanya bosa diperpanjang di negara asal dengan mengajukan ulang pembuatannya.

4. Visa Kunjungan Bisnis

Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri seperti mengunjungi pameran, rapat dengan klien, semianr, atau mengunjungi kantor pusat atau cabang di negara lain, kamu memerlukan visa kunjungan bisnis.

5. Visa Bisnis

Meski namanya hampir sama, tetapi visa bisnis dan visa kunjungan bisnis memiliki fungsi ayng berbeda. Visa bisnis diperuntukan untuk mereka yang menetap cukup lama di negara tujuan. Visa ini cocok untuk pebisnis yang ingin membuka bisnis di suatu negara dan butuh waktu untuk tinggal dalam waktu lama demi mengurus keperluan pendirian perusahaan. Visa ini juga bisa diperpanjang untuk pebisnis yang ingin tinggal permanen di suatu negara.

6. Visa on Arrival

Visa on arrival merupakan jenis visa yang dibuat saat tiba di negara tujuan. Visa ini bisa dibuat di bandara atau pelabuhan tempat kita datang. Visa on arrival hanya berlaku di negara-negara tertentu sehingga kamu harus pastikan terlebih dahulu ya apakah negara tujuanmu bisa membuat visa on arrival atau tidak.

7. Visa Transit

Visa transit diperuntukan untuk kamu yang melakukan transit di suatu negara sebelum melanjutkan perjalanan ke negara tujuan. Visa transit memiliki dua jenis yaitu Airport Transit Visa, dimana pemegang visa dilarang meninggalkan area bandara, dan Visa Transit yang memperbolehkan pemegang visa ke luar bandara dan menikmati perjalanan di negara transit maksimal 5 hari.

8. Visa Diplomatik

Visa ini khusus diperuntukan untuk diplomat yang akan melakukan perjalanan bisnis yang bersifat diplomatik ke suatu negara selama waktu yang telah ditentukan.

9. Visa Khusus Pegawai Internasional

Visa ini diperuntukan bagi orang yang bekerja di badan internasional atau perwakilan suatu negara untuk sebuah perusahaan internasional.

10. Visa Belajar

Visa belajar diperuntukan bagi siswa atau mahasiswa yang akan menempuh studi di luar negeri. Visa belajar akan mudah didapat asalkan sudah memenuhi semua syarat untuk menjadi pelajar di luar negeri. Visa belaajr berlaku selama masa pendidikan termasuk libur sekolah.

11. Visa Pertukaran Pelajar

Visa ini diperuntukan bagi siswa/mahasiswa yang hendak melakukan pertukaran pelajar. Untuk membuat visa jenis ini hanya bisa dibantu oleh lembaga yang mengadakan program perutkaran pelajar.

12. Exit Visa

Fungsi dari exit visa adalah untuk warga negara asing yang harus ke luar dari suatu negara karena dipenjara atau ditahan. Exit visa juga digunakan untuk warga negara yang mau meninggalkan negara asalnya dan menuju negara baru. Biasanya sudah tertulis negara tujuannya dan orang tersebut dan ia hanya bisa pergi ke negara tujuan yang disebutkan dalam visa. Orang dengan exit visa akan dibarengi dengan larangan masuk kembali ke negara visa dikeluarkan.

Nah itu dia jenis-jenis visa sesuai dengan fungsinya ya Sobat Asga. Jangan lupa, untuk membuat visa kamu perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar tidak tertolak visanya.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >