fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Syarat dan Cara Membuat Paspor secara Online

Syarat dan Cara Membuat Paspor secara Online

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Edukasi / Informasi
24
Dec 2022

Jika Sobat Asga akan melakukan perjalanan ke luar negeri, kamu wajib mempunyai paspor. Paspor merupakan salah satu dokumen yang menunjukkan identitas selain KTP. Dalam paspor terdapat data-data pribadi seperti nama, foto, tempat dan tanggal lahir, tanda tangan, dan nomor paspor.

Paspor memiliki berbagai jenis, tetapi yang biasa digunakan adalah paspor biasa dengan sampul warna biru dan digunakan untuk ke luar negeri. Paspor di Indonesia hanya boleh dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM.

Dalam pembuatan paspor online, terdapat syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Untuk WNI, kamu bisa mengajukan permohonan paspor kepada menteri atau pejabat imigrasi yang ditunjuk pada kantor imigrasi setempat. Syarat-syarat yang harus kamu penuhi antara lain, KTP, KK, akta kelahiran, surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia, surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang, dan paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Jika kamu membuat paspor untuk anak, harus menyiapkan dokumen KTP ayah atau ibu yang masih berlaku, KK, akta kelahiran atau surat baptis, akta perkawinan atau surat nikah orang tua, surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang, dan paspor biasa lama bagi yang memiliki.

Jika seorang WNI yang berdomisili di luar negeri harus menyiapkan dokumen, KTP negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut dan paspor biasa yang lama. Dan untuk anak WNI yang berdomisili luar negeri harus menyiapkan dokumen paspor biasa ayah atau ibu WNI dan surat keterangan lahir dari Perwakilan Republik Indonesia.

Untuk membuat paspor online, kamu harus menggunakan aplikasi M-Paspor sehingga bisa mengambil nomor antrean. Nomor antrean dilakukan karena pemohon harus tetap mendatangi kantor imigrasi untuk verifikasi data dan berkas, wawancara, dan pengambilan sidik jari. Selain melalui aplikasi M-Paspor, kamu juga bisa mendapatkan nomor antrean di lama antrian.imigrasi.go.id.

Untuk membuat paspor online, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Daftar akun pada M-Paspor. Klik daftar akun, isi data diri pada form, dan klik daftar. Kemudian pemohon akan menerima kode OTP melalui e-mail dan masukkan kode tersebut untuk verifikasi akun.
  2. Ajukan permohonan paspor. Selanjutnya klik pengajuan permohonan pada layar beranda. isi kuesioner dengan benar dan unggah foto berkas persyaratan yang diminat. Kamu bisa mengisi lebih dari satu pemohon dengan mengklik tambah pemohon di sisi kanan atas. Jika sudah selesai, klik lanjutkan.
  3. Pilih lokasi kantor imigrasi dan jadwal. Selanjutnya, pemohon memilih lokasi kantor imigrasi dan jadwal kedatangan untuk memproses permohonan paspor. Kemudian, akan muncul informasi paspor dan pemohon bisa mengkliknya untuk mendaaptkan faktur dalam bentuk PDF.
  4. Tahap pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan menggunakan teller bank, ATM, Pos Indonesia, atau minimarket. Biaya yang harus dibayar untuk e-paspor sebesar 650 ribu untuk 48 halaman. Sedangkan untuk paspor biasa Rp350 ribu untuk 48 halaman.
  5. Perubahan jadwal. Jika kamu ingin mengganti jadwal kedatangan ke kantor imigrasi, kamu bisa mengklil informasi yang ada di halaman utama aplikasi untuk kemudian mengubah jadwal.
  6. Verifikasi dan wawancara di kantor imigrasi. Setelah mendapatkan jadwal, pemohon mendatangi kantor imigrasi untuk verifikasi dan melakukan wawancara dengan membawa sejumlah berkas syarat membuat paspor.

Nah, itulah tata cara pembuatan paspor online, Sobat Asga. Gimana, udah ada rencana buat bikin paspor dan liburan belum, nih?

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >