fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Berlibur Sambil Menambah Wawasan, Inilah 9 Tempat Wisata Sejarah di Thailand

Berlibur Sambil Menambah Wawasan, Inilah 9 Tempat Wisata Sejarah di Thailand

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Edukasi / Wisata
29
Dec 2022

Berlibur bukan hanya sebatas melepas penat dari rutinitas sehari hari. Tapi berlibur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan identitas, budaya, dan bahkan sejarah daerah tersebut kepada wisatawan. Di negara Thailand, begitu banyak dan beragamnya tempat wisata bersejarah yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Kali ini Asgatour sudah mengumpulkan 9 rekomendasi tempat wisata bersejarah di Thailand yang wajib Sobat Asga ketahui. Kira-kira dalam list ini ada tempat yang bikin kamu tertarik untuk dikunjungi? Yuk simak list berikut!

1. Chiang Saen

(Google Maps/Adrian Cambon)

Menurut kronik kuno, Chiang Saen ini berdiri pada tahun 545 M. Chiang Saen dibangun di daerah yang disebut Yonok oleh para migran Tai dari provinsi Yunnan China dan pernah menjadi kota penting dari kerajaan Lanna. Belum pernah ada sejarah menulis tentang keberadaan kota ini hingga kedatangan Raja Mengrai di abad ke 13. Lalu, cucunya, Saen Phu, sang penguasa Kerajaan Lanna, menemukan Chiang Saen di tahun 1325 atau 1328 letak Chiang Saen yang berada tepat di tepi Sungai Mekong membuat kamu dapat melihat negara Laos dan Myanmar lalu membentuk bagian dari Golden Triangle yang legendaris dan populer.

2. Ayutthaya

(Google Maps/Alex Marks)

Ayutthaya adalah salah satu kota besar nan megah yang berada di sebelah utara kota Bangkok. Kota ini adalah bekas peninggalan kerajaan Siam. Dibangun abad 14, pada saat itu Ayutthaya pernah menjadi kota terbesar di dunia loh, Sobat Asga. Namun, pada tahun 1767 kota ini hampir rata sampai tanah karena dihancurkan. Dengan kehancuran yang terjadi, Ayutthaya tetap menjadi tempat penting dan penuh sejarah untuk dikunjungi.

3. Phimai

(Google Maps/Verena Schweizer)

Taman sejarah Phimai ini terpengaruh dari khas Hindu dan Animisme yang dapat kamu lihat jelas. Meskipun begitu struktur bangunan Phimai dibangun untuk pemujaan Buddha. Phimai ini adalah harta karun dari peninggalan arsitektur Khmer, beberapa di antaranya lebih tua dibanding Angkor Wat. Memang secara dasar dan dalam skala yang lebih kecil, kompleks ini memiliki kemiripan mencolok dengan Angkor Wat. Di dalam taman itu terdapat Cagar Alam Phimai yang merupakan rumah bagi kuil pagoda dan disebut-sebut sebagai situs Khmer terpenting di Thailand.

4. Phu Phra Bat

(Google Maps/Pairoj Tinnachatarak)

Phu Phra Bat adalah taman bersejarah dan terkenal dengan formasi bebatuan yang tidak biasa. Hal tersebut terjadi akibat erosi bawah air sekitar 15 juta tahun lalu. Taman ini digunakan sebagai pemujaan keagamaan dan kanvas untuk seni. Kamu dapat melihat banyak lukisan-lukisan di banyak batu. dan setelah diteliti, lukisan tertua diperkirakan berasal dari 6.000 tahun yang lalu. Bukti budaya Dvaravati dan Khmer di tempat pemujaan taman juga bisa kamu temukan. Formasi batu Hor Nang Usa di Phu Phra Bat ini adalah formasi batu yang paling terkenal di taman ini.

5. Muang Singh

(Google Maps/Ammycasanova CommartsKRU)

Kembali ke kuil peninggalan Khmer, Muang Singh merupakan taman bersejarah. Pada saat dulu berfungsi sebagai rumah bagi dua kuil Khmer dan monument lainnya. Candi utama dibangun dengan gaya Bayon Angkor. Saat ini sejumlah alat, artefak rumah tangga, patung Buddha, dan lain lain telah ditemukan di sekitar taman. Beberapa penemuan tersebut dapat dilihat dalam museum situs.

6. Doi Suthep di Chiang Mai

(Google Maps/John Park)

Doi Suthep adalah tempat bersejarah di Thailand yang istimewa. Terletak di gunung sebelah barat kota Chiang Mai. Memiliki nama lengkap Wat Phra That Doi Suthep, lalu menurut penduduk lokal, Doi Suthep dibangun sejak tahun 1838. Salah satu tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke Doi Suthep, disarankan untuk tidak memakai heels karena medan yang cukup curam dan menanjak akan menyusahkan kamu apabila menggunakan heels. Selain itu, kamu sebagai wisatawan harus tetap menghormati bila ada seseorang yang sedang ibadah.

7. Wat Arun, Bangkok

(Google Maps/Kriangsak Klabsee)

Wat Arun yang dalam bahasa Thai berarti “Candi Fajar” dibangun pada zaman kerajaan Ayutthaya. Pada saat itu dikenal dengan nama Wat Makok. Lalu Wat Arun itu sendiri merupakan salah satu kuil yang tertua bahkan mendahului pembangunan kota Bangkok di masa itu.  Selain itu Wat Arun adalah kuil dengan menara tertinggi diantara 6 kuil. Terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya dengan ketinggian lebih dari 80 meter. Oleh karena itu, Wat Arun merupakan kuil yang paling dihormati di Thailand. Para wisatawan lokal dan mancanegara sebagian besar mengetahui Wat Arun dikarenakan tempatnya yang sangat populer di kalangan banyak orang seluruh dunia. Dapat dilihat dari struktur dan arsitektur bangunan nya, kuil Wat Arun memiliki khas arsitektur Thailand yang sangat kental.

8. Phu Thok di Provinsi Khan

(Google Maps/Charif Thongwilai)

Phu Thok merupakan sebuah kuil tempat bersejarah di negara Thailand, memiliki pemandangan panorama yang luar biasa indah. Kuil ini berada di kawasan pegunungan yang memberikan nuansa sejuk. Lalu Wat Phu Thok ini sendiri didirikan pada tahun 1968 di atas bukit dengan kemiringan terjal oleh biksu Ajahn Juan. Lalu, di bawah gunung tersebut ada chedi, marmer modern yang berisikan relik Ajahn Juan. Phu Thok dikelilingi oleh jembatan dan tangga kayu berjumlah 7 tingkat. Hal tersebut melambangkan 7 tingkat pencerahan Buddha.

9. Sukhotai

(Google Maps/Nittaya Jitpayak)

Kerajaan Sukhotai sebelumnya merupakan bidang dari kerajaan Khmer setidaknya hingga tahun 1238. Setelah itu terdapat Kerajaan Sukhotai yang menjadi salah satu kerajaan tertua di Thailand. Berdiri sejak 1238 sampai 1438. Di masa sekarang, yang tertinggal dari kota tersebut hanyalah puing puing kota dan taman bersejarah Sukhotai yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata sejarah.

Wah, sangat beragam ya tempat wisata bersejarah di Thailand ini. Selain berlibur untuk menambah pengalaman yang seru kamu juga bisa mempelajari sejarah dan hal baru loh. Jadi, tempat wisata mana nih yang paling menarik perhatian Sobat Asga?

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >