fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
7 Aktivitas Seru dan Mengasyikan yang Bisa Kamu Coba di Cappadocia

7 Aktivitas Seru dan Mengasyikan yang Bisa Kamu Coba di Cappadocia

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Wisata
31
Dec 2022

Cappadocia, distrik kuno di timur Anatolia Turki yang terkenal Instagramable ini jadi tempat wisata impian banyak orang akhir-akhir ini loh. Kamu mungkin hanya mengetahui wisata balon udara ketika mendengar Cappadocia. Padahal selain itu, masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa kamu coba! Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Cappadocia. Dijamin bakal jadi pengalaman berlibur yang tak terlupakan!

1. Menaiki Balon Udara

(Google Maps/Eudy Oh)

Seperti yang sudah dikenal banyak orang, di Taman Nasional Goreme, kamu bisa menaiki balon udara dan mengikuti perjalanan matahari terbit loh, menarik banget ya Sobat Asga. Dengan durasi rata-rata 90 menit, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan formasi batu-batuan hasil pengikisan batuan vulkaniklastik yang cocok untuk dijadikan tempat mengabadikan momen. Nanti kamu akan naik balon udara dan diterbangkan setinggi 40 meter bersama 20 orang lainnya.

2. Mengunjungi Goreme Open-Air Museum

(Google Maps/Ahmet Ibis)

Tidak seperti museum biasanya, Goreme Open-Air Museum itu sebenarnya adalah kompleks gereja batu dari abad ke 10-12 Masehi. Dinding dari gereja batu ini dihiasi oleh lukisan warna-warni dan dilukis secara langsung oleh para biarawan yang tinggal di kompleks gereja tersebut. Memang kompleks ini selain dijadikan tempat beribadah juga dijadikan tempat tinggal bagi para biarawan pada masa itu. Kamu akan mempelajari banyak sejarah Kristen kuno dari Goreme Open-Air Museum ini.

3. Hotel Gua

(Google Maps/Ostrovok)

Apabila kamu ingin menaiki balon udara di Cappadocia yang biasanya dimulai di pagi hari. Kamu disarankan untuk menginap satu malam di Cappadocia. Banyak pilihan penginapan dan hotel yang bisa kamu sewa untuk bermalam, jangan takut kehabisan ya. Salah satu hotel yang direkomendasikan adalah Hotel Gua. Lokasinya tidak jauh dari tempat penerbangan balon udara. Di Hotel Gua kamu akan bermalam di gua kuno yang berusia ribuan tahun loh. Tapi ternyata fasilitas yang ditawarkan juga sudah sangat lengkap. Kamar yang nyaman, Rooftop untuk bersantai, akses Wi-Fi gratis, kamar mandi, dan tempat pemandian khas turki yang ada di dalam Gua. Pengalaman yang unik banget ya!

4. Menjelajahi Kota Bawah Tanah Derinkuyu dan Kaymakli

(Google Maps/Doc Dr Yasin Turker)

Salah satu keunikan Cappadocia juga adalah kota bawah tanahnya. Cappadocia menyembunyikan puluhan kota bawah tanah. Pada abad ke 6-7 Masehi, kota-kota ini dihuni oleh orang Het. Lalu pada abad ke 10-12 Masehi masyarakat Kristen menempati dan menghuni tempat ini. Meskipun kota-kota ini sudah dikosongkan, tapi kamu masih bisa loh untuk mengunjungi beberapa kota yang tersisa. Yaitu Derinkuyu dan Kaymakli. Struktur kota bawah tanah ini terdiri dari delapan lantai yang dihubungkan melalui terowongan. Di masa lalu orang Het menggunakan tempat ini untuk berlindung dari musim dingin. Sedangkan bagi masyarakat Kristen, kota ini digunakan sebagai rumah dan juga tempat persembunyian dari kejaran kekaisaran Romawi pada masa itu.

5. Menunggangi Kuda

(Google Maps/Moonlight Horse Ranch)

Kuda dan Cappadocia memiliki hubungannya tersendiri. Kata Cappadocia pun diperkirakan berasal dari kata Persia kuno yang berarti “tanah kuda”. Hidup memelihara hewan sudah menjadi jalan hidup tradisional di Cappadocia yang masih dilakukan hingga sekarang oleh masyarakat setempat. Kita bisa menikmati pemandangan cantik nan indah sembari berkuda. Selain itu bagi kamu yang masih pemula, tempat penyewaannya pun akan memberikan pelatihan bagi kamu loh. Tur berkuda ini biasanya berdurasi setengah hari ataupun seharian penuh. Pasti puas banget ya.

6. Mendaki Melalui Gereja di Lembah Ihlara

(Google Maps/Enis Sucu)

Bagi Sobat Asga yang menyukai dan ingin mempelajari sejarah, Aktivitas ini cocok buat kamu. Di aktivitas ini kamu akan menyusuri lembah Ihlara sepanjang 16 km. pada abad ke-7 lembah ini pertama kali dihuni oleh para biarawan Bizantium. Tempat ini juga menjadi saksi sejarah perkembangan agama Kristen di Turki. Ada sekitar 50 gereja kuno yang dibangun di dalam gua-gua alam ini. Masing-masing gereja banyak dihiasi dengan lukisan dinding yang menggambarkan kisah-kisah dari Alkitab.

7. Menyaksikan Festival

(Google Maps/Kapadokya Festivalleri)

Apabila kamu berlibur ke Cappadocia di periode bulan Juli hingga Oktober. Kamu wajib menyaksikan festival lokal yang diselenggarakan di Cappadocia. Di periode tersebut Cappadocia menjadi tuan rumah berbagai festival kebudayaan dan seni. Salah satunya adalah festival balon udara panas di bulan Agustus. Selain itu ada juga festival marathon, berbagai festival makanan, dan masih banyak lagi. Jadi, untuk menyaksikan festival di Cappadocia, kamu harus tentukan tanggal berkunjung ya.

Setelah mengetahui list di atas jadi semakin tahu ya. Selain wisata balon udara, ternyata Cappadocia menawarkan banyak aktivitas yang seru dan mengasyikan. Pastinya akan sayang apabila kamu tidak mencoba beberapa aktivitas tersebut ketika datang ke Cappadocia Turki. Jangan lupa masukin ke list berlibur kamu ya Sobat Asga!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >