fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
6 Rekomendasi Wisata Masjid di Turki Yang Indah dan Bersejarah

6 Rekomendasi Wisata Masjid di Turki Yang Indah dan Bersejarah

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Wisata
17
Jan 2023

Liburan di Turki bungan hanya sekadar wisata Ankara dan Cappadocia nya saja. Kamu bisa berwisata religi juga di Turki dengan mendatangi masjid-masjid indah dan penuh sejarah. Dengan mengunjung 6 rekomendasi wisata Masjid di Turki yang indah dan bersejarah ini akan membuatmu lebih mengenal dan mempelajari sejarah Islam di masa lalu. Peradaban Turki Utsmani meninggalkan masjid-masjid yang sangat megah dan mewah. Berikut adalah list 6 rekomendasi wisata Masjid di Turki yang indah dan bersejarah versi Asgatour!

1. Masjid Raya Sulaimanah

(Google Maps/Sena Guzel)

Rekomendasi masjid bersejarah di Turki yang pertama adalah adalah Masjid Raya Sulaimanah. Masjid ini adalah masjid peninggalan kekaisaran Ottoman di masa lalu. Memiliki desain arsitektur Islam dan Bizantium menjadikan masjid ini sangat indah. Mihrab dari masjid ini pun terlihat sederhana, dibangun dari kayu, mutiara, dan gading. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga sangat bersejarah loh. Di halaman belakang masjid, terdapat makam Sultan Suleiman I, makan sang pendiri masjid ini. Sang istri Hurrem Sultan (Roxelana) dan beberapa anak sang sultan seperti putri tercinta Sultan, Mihrimah Sultan disemayamkan di sana. Para penerus Sultan Suleiman I seperti Ahmed II, Sultan Suleiman II, Safiye Sultan, Saliha Dilasub Sultan sampai putri dari Mustafa II pun dikuburkan di sana.

2. Masjid Rustem Pasha

(Google Maps/Halil Tombak)

Masjid Rustem Pasha ini diambil dari nama pendirinya yaitu Rustem Pasha, menantu dari Raja Sulaiman I yang berasal dari Bosnia. Orang yang merancang Masjid Rustem Pasha dan Masjid Biru Turki adalah orang yang sama, yaitu Mimar Sinan. Masjid ini memang tidak terlalu besar dibanding dengan Masjid Raya Sulaimanah, hal tersebut karena raja yang berkuasa di masa itu, Sultan Selim melarang siapapun membangun masjid yang lebih besar dan megah dibanding masjid yang ia bangun. Dekorasi masjid ini memakai keramik iznik warna merah yang sangat indah dan menjadi ciri khas tersendiri.

3. Masjid Ulu Cami

(Google Maps/ رضوان الحافظ)

Masjid Ulu Cami dibangun oleh Sultan Beyazid I pada tahun 1369 dan selesai pada 1399. Arsitek masjid ini bernama Ali Neccar. Masjid ini memiliki desain arsitektur bangsa Seljuk yang sangat kental serta berlokasi di kota terbesar keempat di Turki yaitu kota Bursa. UNESCO menjadikan Masjid Ulu Cami ini sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2014. Ulu Cami ini sendiri berarti Masjid Agung dalam bahasa Arab.

4. Masjid Beyazid II

(Google Maps/Mohamad Abu assab)

Masjid ini dibangun pada masa pimpinan Sultan Beyazid II dan menjadi bukti kemajuan dan kemahsyuran bangsa Islam di masa lalu. Interior masjid ini diterangi dengan dua puluh jendela di dasar kubah. desain kubah masjid ini sendiri menggunakan dekorasi stalaktit yang sangat indah.

5. Masjid Biru Turki

(Google Maps/SHEF2002)

Masjid Biru Turki adalah salah satu masjid paling ikonik dan paling banyak didatangi wisatawan saat liburan ke Turki. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed I dan dirancang dengan santunan arsitek Sedefkâr Mehmed Aga. Berbeda dari masjid yang lain, Masjid Biru Turki yang juga dikenal dengan nama Masjid Biru Sultan Ahmed ini memiliki ubin dari keramik berwarna pirus dengan corak dan pernak-pernik tulip merah.

6. Masjid Hagia Sofia

(Google Maps/Ayasofya CAMİİ KEBİRİ)

Rekomendasi wisata masjid di Turki yang terakhir adalah Masjid Hagia Sophia atau Aya Shopia. Masjid Hagia Sophia di Turki ini mungkin yang paling dikenal oleh Sobat Asga ya. Masjid ini awalnya adalah suatu gereja bernama Gereja Hagia Sophia. Hagia Sophia sendiri adalah gereja pertama yang dibangun di Turki dan diresmikan pada 15 Februari 360 M. Masjid ini dibangun di masa kepemimpinan Konstantius II oleh Uskup Eudoxius dari Antioka. Gereja ini dialih fungsikan menjadi Masjid sebagai rasa syukur Muhammad Al-Fatih (Mehmed II) setelah Konstantinopel ditaklukan oleh Kekaisaran Ottoman pada 29 Mei 1453. Sultan pun menyerukan keputusannya dan menyuruh kaki tangannya untuk mengubah Hagia Sophia menjadi masjid dan diberi nama Aya Sophia.

Wah, ternyata liburan ke Turki bukan hanya menampilkan keindahan kotanya saja ya, tapi juga memiliki wisata religi dari masjid-masjid megah nan indah yang sangat bersejarah. Rasanya pasti seru banget untuk mengunjungi Masjid-masjid bersejarah di Turki. Kamu berminat untuk berwisata ke Turki? Agar perjalananmu lebih menyenangkan, yuk cari open trip ke Turki bersama Asgatour. Liburan tanpa ribet, tanpa mumet ya sama Asgatour!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >