fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Panduan Lengkap Wisata Ke Hagia Shopia Turki: Harga Tiket, Akses Transportasi, Sejarah, dan Daya Tarik

Panduan Lengkap Wisata Ke Hagia Shopia Turki: Harga Tiket, Akses Transportasi, Sejarah, dan Daya Tarik

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Tips and Trick / Wisata
19
Jan 2023

Hagia Sophia adalah museum di Turki yang sudah sangat terkenal bagi para wisatawan. Namun, pada tahun 2020 di alih fungsikan sebagai Masjid.Di musim liburan, Hagia Sophia ini selalu dipenuhi para pengunjung. Keunikan desain arsitekturnya, keindahannya, dan juga sejarahnya yang menjadi daya tarik tersendiri menjadikan Hagia Sophia sangat dikenal dan populer di kalangan wisatawan.

Mungkin sebagian Sobat Asga di sini juga ingin ya liburan ke Turki dan mengunjungi Hagia Sophia ini. Bangunan indah dan penuh sejarah ini pasti akan membuat banyak wisatawan tertarik mengunjunginya. Tapi tahan dulu! Sebelum kamu pergi ke Hagia Sophia, Asgatour sudah mempersiapkan panduan wisata ke Hagia Sophia yang akan menambah pengetahuan kamu sebelum liburan ke Turki!

Berikut adalah panduan lengkap bagi kamu yang ingin mengunjungi Hagia Sophia di Turki. Check this out!

Google Maps

Sejarah Hagia Sophia

Sejarah Hagia Sophia pertama kali didirikan pada abad ke-6 dan selesai dibangun pada tahun 537 masehi, bangunan ini dibangun pada masa kepemimpinan Konstantius II oleh Uskup Eudoxius dari Antioka. Hagia Sophia memang dibangun sebagai gereja katedral oleh dua arsitek terbaik pada zamannya, yaitu, Anthemios dan Isidoros.

Lalu beratus-ratus tahun setelahnya, perubahan besar Hagia Sophia terjadi. Perubahan besar nan bersejarah itu terjadi ketika Dinasti Ottoman yang dipimpin oleh Sultan Muhammad Al-Fatih (Mehmed II) menguasai konstantinopel pada tahun 1453 dan diubah namanya menjadi Istanbul.

Lalu atas perintah sang sultan, Hagia Sophia dialih fungsikan sebagai Masjid.

Panduan Harga Tiket Hagia Sophia

Kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp220 ribu untuk tiket masuk Hagia Sophia bagi orang dewasa, sedangkan bagi anak dibawah 8 tahun tidak perlu membeli tiket. Tidak hanya anak-anak saja, namun, bagi anak-anak Turki, remaja Turki di bawah 18 tahun, anak-anak asing di bawah 8 tahun, dan warga negara Turki berusia 65 tahun atau lebih pun tidak perlu membeli tiket untuk mengunjungi Hagia Sophia. Selain itu terdapat juga beberapa lapisan masyarakat yang tidak perlu membayar tiket, seperti veteran, tamu kehormatan negara Turki, dan masih banyak lagi.

Hagia Sophia buka di Musim Dingin (November – Maret) mulai pukul 09:00 hingga 17:00 dan di Musim Panas (April – Oktober) mulai pukul 09:00 hingga 19:00. Tips yang akan memudahkan kamu apabila ingin mengunjungi Hagia Sophia adalah kamu harus membeli tiket masuk secara online. Selain praktis, kamu juga tidak perlu mengantri pembelian tiket sehingga bisa menghemat waktu eskplorasi kamu di Hagia Sophia, mudah sekali bukan? Kamu juga harus pintar membandingkan harga tiket online di beberapa website agar mendapatkan harga terbaik.

Selain mengunjungi Hagia Sophia, kamu juga bisa mengunjungi Istana Topkapi, yaitu istana yang menjadi kediaman utama Sultan Ottoman selama lebih dari 600 tahun loh! Tak lupa juga dengan Blue Mosque, salah satu peninggalan sejarah Dinasti Ottoman pun wajib kamu kunjungi.

Agar pengalaman liburan kamu lebih mudah, akan lebih baik apabila kamu dan keluarga menyewa pemandu wisata yang pasti akan membantu kamu. Termasuk juga urusan membeli tiket ke tempat wisata di Turki, salah satunya tiket masuk Hagia Sophia.

Daya Tarik Hagia Sophia

Google Maps

Ada banyak hal yang menjadi daya tarik dari Hagia Sophia. Ternyata bangunan atau struktur asli Hagia Sophia itu tidak ada yang tersisa hingga hari ini loh. Hagia Sophia pertama kali dibangun pada 360 M yang dikenal sebagai Magna Ecclesia atau Great Church. Hal tersebut terjadi karena Hagia Sophia dibakar saat ada kerusuhan pada tahun 404 M.

Hagia Sophia juga dihancurkan dan dibangun kembali lebih dari delapan kali dikarenakan peristiwa kebakaran dan juga gempa bumi. Bangunan Hagia Sophia ini memang rentan terkena gempa bumi karena dibangun di atas garis patahan.

Bangunan asli dari Hagia Sophia di masa lalu juga adalah sebuah gereja, namun diubah menjadi katedral Katolik Roma saat Konstantinopel diduduki oleh tentara salib selama Perang Salib ke-4, lalu diubah kembali menjadi gereja Eastern Orthodox pada 1261.

Hagia Sophia dianggap sebagai keajaiban arsitektur neo-Bizantium di masa lalu. Interior yang berdekorasi indah dan dilengkapi lapisan mosaik adegan dan tokoh-tokoh Alkitab serta pilar marmer ini memang merupakan ciri khas gaya Bizantium.

Setelah dikuasai oleh Dinasti Ottoman, mereka menutupi dinding dan mosaik adegan dan tokoh-tokoh Alkitab menggunakan kapur dan plester.

Google Maps

Akses Transportasi ke Hagia Sophia

Di Turki, kamu bisa menggunakan transportasi yang beragam juga, seperti bus, minibus, taksi, metro dan juga tram. Untuk mengakses transportasi umum di sana, kamu bisa membeli Istanbul Kart yang praktis dan bisa digunakan untuk membayar biaya bus, metro, tram, funicular, dan ferry dalam satu kartu. Simple banget pokoknya.

Nah, sekarang Sobat Asga sudah tahu panduan berwisata ke Hagia Sophia Turki, kan. Siap dong pergi liburan ke Turki? Tunggu apalagi, berlibur ke Turki bareng Asgatour agar lebih nyaman dan mudah. Hubungi kami via WhatsApp 081-7220-200 untuk informasi lebih lanjut, ya.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >