fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
7 Makanan Khas Lombok yang Gurih, Lezat, dan Menggoda Selera

7 Makanan Khas Lombok yang Gurih, Lezat, dan Menggoda Selera

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Kuliner
31
Jan 2023

Selain menyajikan keindahan laut dan alamnya, Lombok juga menyajikan wisata kuliner yang wajib kamu coba ketika berlibur ke sana. Lombok pun pernah mendapatkan penghargaan sebagai tempat wisata halal terbaik dalam ajang internasional World Halal Travel Award pada tahun 2015. Makin terbukti ya bahwa makanan khas Lombok memang selezat itu! Bagi kalian yang belum tahu beberapa makanan lezat khas Lombok, Asgatour sudah mengumpulkan informasi tentang 7 makanan khas Lombok yang unik, gurih, dan lezat. Cek list makanannya di bawah ini ya!

1. Sate Bulayak

(Google Maps/Lestari Mahastuti)

Sate Bulayak memang terasa mirip dengan sate lainnya, Namun, yang membedakan adalah lontong pelengkapnya yang berbentuk spiral dan dibungkus menggunakan daun aren. Sate Bulayak terbuat dari daging sapi dipadukan dengan bumbu khas suku Sasak. Terlihat sangat lezat ya Sobat Asga!

2. Ayam Rarang

(Google Maps/Yusron Septian)

Ayam Rarang adalah menu makan ikonik dan berbahan dasar ayam dari Lombok. Hal ini dikarenakan mayoritas suku Sasak memeluk agama Islam, sehingga begitu banyak sajian ayam yang lezat di sini. Ayam Rarang adalah ayam kampung yang dimasak dengan baluran cabai rawit dilengkapi dengan baluran bumbu sambal yang bisa bikin kamu ngiler. Tapi, jangan khawatri Sobat Asga, Ayam Rarang tidak sepedas penampilannya kok!

3. Nasi Puyung

(Google Maps/Niken A Nurkhalifah)

Hidangan yang satu ini memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui loh. Nasi Puyung adalah makanan bercita rasa gurih pedas yang berasal dari kampung Puyung dan diciptakan oleh Papuk Isum. Sensasi makanan tradisional akan sangat terasa ketika mencoba Nasi Puyung. Makanan ini terdiri dari nasi dengan tambahan lauk-pauk seperti sambal, suwiran ayam, kedelai goreng, dan dilengkap kelapa parut yang ditabur. Biasanya Nasi Puyung disajikan dengan alas daun pisang. Terasa sangat tradisional dan autentik ya!

4. Nasi Campur Sukaraja

(Google Maps/Persona)

Nasi Campur Sukaraja adalah hidangan nasi campur yang pertama kali ada di Warung Murah dan sudah beroperasi sejak 1970-an loh! Dengan harga yang murah, kamu bisa menikmati salah satu nasi campur terenak dan terlezat di Lombok. Kamu akan mendapatkan nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, sate lilit, beberuk, dan masih banyak lagi. Para pecinta makanan pedas pasti menyukai Nasi Campur Sukaraja ini karena salah satu pelengkapnya yaitu beberuk terong yang memiliki rasa pedas dan bikin nagih!

5. Bebalung

(Google Maps/Dedex Priyandi)

Bebalung memiliki arti tenaga dalam bahasa sasak. Oleh karena itu Bebalung memang dikenal sebagai makanan penumbuh tenaga dan penambah vitalitas. Sekilas Bebalung memang terlihat seperti makanan gulai atau soto. Namun, yang membedakan Bebalung dengan makanan lainnya adalah bahannya yang menggunakan tulang iga sapi atau iga kerbau. Bumbu dari Bebalung ini adalah lengkuas, kunyit, jahe, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih lalu diracik dengan iga sapi atau kerbau tersebut! Makin nikmat kalau makan Bebalung dilengkapi dengan nasi panas, sambal, sate lilit, dan plecing. Pokoknya pasti kamu akan nambah lagi deh!

6. Sate Rembiga

(Google Maps/Sate Rembiga Ibu Sinnaseh)

Selain Sate Bulayak, Lombok pun memiliki kuliner berjenis sate yang bernama Sate Rembiga. Cara membuat Sate Rembiga adalah dengan cara mengolah daging sapi yang sebelumnya sudah ditumbuk agar lebih halus, lalu ditusuk dan dipanggang. Setelah empuk, Sate Rembiga harus direndam ke dalam bumbu khusus selama dua jam, lalu dibakar. Sate Rembiga kamu siap deh disajikan! Warung Sate Rembiga yang paling terkenal di Lombok adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Biasanya, saat Sobat Asga memakan Sate Rembiga, kamu harus memakannya dengan dilengkapi lontong atau nasi. Sobat Asga wajib mencoba makanan khas Lombok yang satu ini ya!

7. Ayam Taliwang

(Google Maps/Anto Dwinant

Makanan khas Lombok terakhir yang wajib kamu coba adalah Ayam Taliwang. Mungkin Sobat Asga sudah pernah mendengar atau mengetahui hidangan ini ya. Hal tersebut karena Ayam Taliwang memang menjadi salah satu makanan khas Lombok yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Ayam Taliwang memiliki beberapa jenis seperti Taliwang biasa, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, sambal lima, pelecingan, dan pedas manis. Sesuaikan dengan selera kamu ya! Akan semakin mantap apabila kamu menikmati Ayam Taliwang dilengkapi dengan nasi dan pelecing kangkung yang terbuat dari kangkung, kacang tanah, tauge, sambal, dan parutan kelapa.

Wah, liat fotonya saja bikin semakin ngiler ya! Sobat Asga pasti sudah tidak sabar ingin liburan ke Lombok dan mencoba berbagai makanan khas nya yang menggugah selera ini. Mulai rencanakan liburan kamu ke Lombok bersama Asgatour ya. Kamu bisa mencari paket opentrip ke Lombok dan berbagai tempat wisata lainnya! Hubungin Asgatour melalui nomor WhatsApp 081-7220-200. Asgatour akan selalu membantu dan menunggu kamu.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >