fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Desa Dupa yang Instagramable Dan Unik di Vietnam

Desa Dupa yang Instagramable Dan Unik di Vietnam

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi
1
Mar 2023

Di Vietnam terdapat sebuah desa yang dikenal dengan sebutan “Desa Dupa”. Selama puluhan tahun, desa ini telah membuat dupa untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Tet di Vietnam. Desa ini juga terkenal dengan vibe instagramable-nya, karena suasana dan budaya yang yang unik dan indah, cocok untuk jadi update terbaru foto Instagram kamu, Asgatour akan berbagi informasi tentang desa dupa di Vietnam yang bisa jadi salah satu referensi destinasi liburan kamu nanti!

Namanya adalah Desa Quang Phu Cau, Desa yang dijuluki “Desa Dupa” ini terletak di Provinsi Hung Yen, Vietnam. Desa ini terkenal karena produksi dupa yang sangat baik dan berkualitas tinggi. Desa Quang Phu Cau terletak di pinggiran Hanoi, desa ini akan menjadi sangat sibuk pada bulan Februari, karena para penduduknya sedang mempersiapkan ratusan ribu dupa untuk menyambut perayaan Tahun Baru Tet di bulan Februari.

Tahun Baru Tet adalah perayaan yang paling penting di Vietnam, yang dirayakan berdasarkan kalender Lunar. Selama perayaan ini, orang-orang akan berkunjung ke rumah kerabat dan kuil-kuil.

Desa Quang Phu Cau terkenal dengan julukan “Desa Dupa”, karena selama hampir satu abad, produksi dupa menjadi mata pencaharian utama penduduk desa dan menjadi kebanggaan mereka.

Setiap hari, penduduk desa membuat dupa untuk dijual, namun produksi puncak terjadi pada bulan Januari untuk memenuhi permintaan Tahun Baru Tet.

Proses pembuatan dupa dimulai dengan membersihkan bambu dan memotongnya menjadi stik menggunakan mesin. Kemudian stik-stik bambu dicelupkan ke dalam gentong yang berisi pewarna merah, kemudian dijemur hingga kering. Pohon cendana yang tumbuh di daerah ini dianggap memiliki kualitas terbaik untuk membuat dupa yang harum.

Selain itu, penduduk desa juga terampil dalam pembuatan dupa dan mereka menghasilkan berbagai macam aroma yang berbeda.

Setelah stik-stik dupa kering, mereka diolesi dengan pasta dupa aromatik, lalu kemudian dibungkus untuk dijual. Sebagian besar usaha pembuatan dupa di desa ini bersifat turun-temurun, bahkan ada beberapa keluarga yang telah memproduksi dupa selama lebih dari 100 tahun loh.

Mereka dapat menghasilkan pendapatan sekitar 430 dolar AS (sekitar Rp 6 juta) per bulan sebelum Tahun Baru. Desa Dupa menjadi tujuan wisata populer bagi orang-orang yang tertarik dengan budaya dan sejarah pembuatan dupa di Vietnam.

Demikian informasi tentang desa Quang Phu Cau, si desa dupa yang unik dan instagramable, cocok untuk Sobat Asga yang menyukai wisata desa unik dan baru! Jangan lupa untuk selalu cek paket opentrip di Asgatour untuk menemukan paket jalan-jalan murah meriah ke Vietnam bersama Asgatour!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >