fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
7 Oleh-Oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Kamboja!

7 Oleh-Oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Kamboja!

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Informasi
14
Mar 2023

Kamboja, sebuah negara di Asia Tenggara yang lumayan dekat dengan Indonesia ini memang terkenal dengan berbagai macam destinasi wisata yang menarik seperti Angkor Wat atau Silver Pagoda. Selain keindahan alam dan sejarahnya yang kaya, Kamboja juga memiliki oleh-oleh khas yang sayang untuk Sobat Asga lewatkan. Dari sutera, kain khas, hingga buah unik yang hanya dapat ditemukan di Kamboja, inilah beberapa oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang dari Kamboja yang sudah dirangkum Asgatour berikut ini!

  1. Tikar Tenun
(Facebook/Sey La)

Salah satu barang khas yang bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh Kamboja adalah tikar tenun. Tikar ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan tikar Indonesia, tetapi motif yang digunakan pada tikar Kamboja memiliki keunikannnya tersendiri, motifnya pun hanya bisa kamu temukan di Kamboja. Tikar ini terbuat dari rotan serat daun pandan yang dianyam dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat terdekat karena keunikannya dan kegunaannya yang multifungsi.

Proses pembuatan tikar tenun Kamboja ini sangat rumit dan membutuhkan keahlian khusus dari pengrajin yang telah mempelajari seni tenun ini dari generasi ke generasi loh. Tikar tenun Kamboja juga biasanya dijual sebagai oleh-oleh di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh Kamboja. Tikar tenun Kamboja biasanya memiliki berbagai macam corak dan motif yang menarik dan unik, seperti bunga, hewan, atau bentuk-bentuk geometris. Setiap motif biasanya memiliki makna khusus dan mewakili budaya dan tradisi Kamboja. Tikar tenun Kamboja dapat kamu gunakan sebagai alas tidur, alas duduk, dan juga sebagai hiasan dinding. Selain itu, tikar tenun Kamboja juga menjadi suvenir yang populer untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kamboja. Tikar tenun Kamboja diproduksi dalam berbagai ukuran, harga nya pun tergantung dengan ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya, mulai dari yang kecil dan murah hingga yang besar dan mahal, tergantung pada kualitas dan kerumitan tenunannya.

2 Sabun dan Lilin Aroma Terapi

Kamboja dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam, termasuk di antaranya adalah kamot pepper dan lemon grassnyaa. Penduduk asli di sana memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan membuat sabun dan lilin aroma terapi yang bisa kamu beli untuk digunakan dan nikmati aroma terapinya sambil bersantai setelah lelah bekerja, ataupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Sabun dan lilin aroma terapi bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang praktis karena bentuknya yang mudah dibawa. Penduduk asli Kamboja menjual sabun dan lilin ini dalam bentuk unik dan harganya terjangkau. Kamu dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam tas atau koper saat pulang ke Indonesia, mudah kan?

3. Betel nut boxes

(resideinc.com)

Betel nut Boxes adalah barang unik lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Kamboja. Pada awalnya, mungkin kamu melihat bahwa kotak penyimpanan ini sama dengan yang sering kamu temukan di daerah Jawa Indonesia, yang berguna sebagai tempat penyimpanan makanan, seperti wadah untuk kue kering pada Hari Raya Idul Fitri. Namun, jika kamu perhatikan dengan lebih teliti, Betel nut boxes dari Kamboja memiliki motif dan ukuran yang khas loh. Betel nut boxes sangat ideal dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Dengan motif yang khas dari Kamboja, penduduk asli Kamboja membuat kotak-kotak ini dalam berbagai bentuk, seperti kotak, bulat, segitiga, bintang, dan lain sebagainya. Semua pembuatannya dilakukan secara manual, bukan hasil cetakan pabrik. Betel nut boxes ini hanya bisa ditemukan di Kamboja dan bisa digunakan sebagai wadah makanan. Nah, kamu jadi tertarik jadikan Betel nut Boxes sebagai tambahan koleksi pribadi kan?

4. Sutra Kamboja

Kain khas Kamboja yang masih dibuat secara tradisional dengan cara ditenun ini banyak diburu wisatawan loh. Wisatawan tertarik dengan sutera Kamboja dan menjadikan kain ini sebagai cendera mata. Menggunakan teknik tradisional tenun dan dibuat dengan cara yang unik dan tidak biasa, membuat kain sutera ini dikenal luas oleh para wisatawan dan memiliki kualitas yang top banget! Kain sutera Kamboja memiliki harga yang beragam, tergantung pada tingkat kerumitan dan bahan dasar pembuatannya. Selain dijual dalam bentuk kain meteran, kamu juga bisa membeli kain khas kamboja dari para pengrajin yang menawarkan beragam bentuk lain yang menarik, seperti pakaian, syal, scarf, topi, dan perlengkapan fashion lainnya.

5. Sampot

(fitinline.com)

Sampot adalah jenis kain khas yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan baju khas Kamboja. Yang membuat Sampot ini semakin unik adalah, sampot ini dijahit dengan benang emas dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain lainnya loh. Kain khas Kamboja yang dijahit dengan benang emas ini awalnya hanya dikenakan oleh wanita dan memiliki tiga variasi berdasarkan status sosial masyarakat Kamboja. Kain sampot juga biasa digunakan sebagai bahan dasar pakaian adat Kamboja. Meskipun harganya cukup mahal, karena menggunakan bahan baku emas yang premium, kain sampot tetap menjadi oleh-oleh yang bisa kamu beli dan juga diminati oleh wisatawan. Siapkan biaya yang lebih untuk membeli sampot dan rasakan sensasi memakai pakaian khas warga kelas atas Kamboja!

6. Syal motif Khamer

Syal Khamer ini memiliki motif Khamer dan bisa digunakan sebagai pelengkap fashion Sobat Asga yang si paling fashion banget deh! Kamu mungkin akan melihat orang menggunakan syal yang sama di Kamboja, itu bisa jadi syal Krama atau Khamer. Syal ini juga sudah menjadi simbol nasional Kamboja dari sejak lama yang sering digunakan oleh penduduk asli dengan berbagai cara, bisa dikenakan sebagai syal, bandana, penutup wajah, penggendong anak, atau bahkan sebagai tempat tidur gantung anak. Awalnya, krama tradisional hanya memiliki motif dengan warna merah dan putih, tetapi sekarang para pengrajin kain telah menambahkan berbagai warna seperti warna pelangi. Meskipun harga krama relatif murah, namun harganya yang terjangkau itu tidak mengurangi kualitas kainnya!

7. Duwet

(topijelajah.com)

Oleh-oleh khas kamboja yang terakhir adalah Duwet. Duwet ini adalah salah satu buah yang hanya bisa kamu temukan di Kamboja, jadi pastikan kamu bisa membeli duwet ini sebagai oleh-oleh. Sebenarnya duwet ini salah satu jenis jamblang yang hanya tumbuh di dataran Kamboja. Selain unik, buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Warga Kamboja meyakini bahwa duwet dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi diabetes dan asma. Buah ini mudah ditemukan di Kamboja dan masih terjangkau harganya. Ketika kamu membeli duwet, jangan lupa dibungkus dengan baik agar buah duwet yang kamu beli untuk oleh-oleh tetap aman selama perjalanan kamu pulang.

Jadi, setelah mengetahui oleh-oleh khas Kamboja ini, jangan lupa ya untuk memasukkan list ini ke dalam daftar belanja kamu ketika berkunjung ke negara Kamboja yang kaya akan budaya dan hasil alam ini. Dari sutera hingga duwet, setiap jenis oleh-oleh akan membawa kamu pada petualangan dan kenangan yang tak terlupakan. Tanyakan segala pertanyaan tentang wisata kamu ke Asgatour dengan menghubungi nomor ini di 0817-220-200 ya! Selamat berbelanja dan menikmati pengalaman berharga ya Sobat Asga!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >