fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Liburan Eksotis Ala Maldives di Karimunjawa

Liburan Eksotis Ala Maldives di Karimunjawa

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Wahana / Wisata
16
Mar 2023
(Google Maps/Achmad Al-Atas)

Karimunjawa, sebuah surga tropis yang terletak di pesisir utara Jepara, Jawa Tengah, menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dikelilingi oleh air laut yang jernih, hamparan pasir putih yang lembut, serta pulau-pulau kecil yang menghijau, Karimunjawa menjadi destinasi wisata yang ideal bagi Sobat Asga yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami. Kali ini Asgatour akan berbagi informasi tentang keindahan dan juga objek wisata menarik yang bisa kamu coba saat liburan ke sana, yuk cek penjelasannya di bawah ini!

Karimunjawa merupakan tempat objek wisata yang terkenal karena keindahan pantai pesisirnya, lebih tepatnya Karimunjawa juga berada di daerah kawasan Taman Nasional Karimunjawa yang terletak di Jepara Jawa Tengah. Luas kepulauan ini berada di sekitrar 1.500 hektar daratan dan juga 110.000 hektar perairan. Karimunjawa juga semakin dikenal karena pemerintah setempat sigap memanfaatkan keindahan Karimunjawa, sehingga semakin dikenal secara pesat. Karimunjawa juga terkenal denga spot diving, dan snorkelingnya.

Karimunjawa juga biasa disebut sebagai Paradise of Java karena keindahan alam yang asri, kepulauan yang menawan, dan juga pasir putih yang jauh membentang.

Ketika kamu memutuskan untuk berlibur ke Karimunjawa, siap-siap kamu akan disuguhkan formasi terumbu karang, hutan pantai, hutan bakau, dan juga terdapat sekitar 400 spesies fauna laut yang diantaranya, terdapat 242 jenis ikan hias.

Di Taman Nasional Karimunjawa juga terdapat spesies langka yang bisa Sobat Asga temukan, contohnya adalah penyu hijau, penyu sisik, dan juga elang laut dada.

Apabila kamu tertarik untuk liburan ke sini, kamu bisa naik kapal dari pelabuhan Kartini dengan durasi perjalanan sekiar 4-6 jam, tergantung dengan kapal yang kamu pilih, harga transportasinya berkisaran di antara 60 ribu hingga 150 ribu.

Kalau mau mencoba transportasi yang lain, kamu bisa menyewa pesawat yang akan terbang dari Bandara Ahmad Yani Semarang, menuju Bandara Dewa Daru di kepulauan Karimunjawa. Ketika di perjalanan menggunakan pesawat, kamu bisa melihat indahnya gugusan pulau yang rapih dikelilingi perairan biru jernih.

Bahkan waktu yang ditempuh apabila kamu menggunakan pesawat itu hanya sekitar 30 menit saja, mesikpun harga sewa pesawat nya relatif lebih mahal, tapi worth dengan waktu yang kamu hemat dan kesempatan berkegiatan di Karimunjawa.

Kepulauan Karimunjawa memiliki setidaknya 27 pulau, yang 5 pulau diantaranya sudah berpenghuni. Pulau berpenghuni tersebut terdiri dari Pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil, Pulau Nyamuk, Pulau Parang, Pulau Kemujan, dan Pulau Karimunjawa. Letak antara satu pulau ke pulau yang lain juga tidak terlalu jauh, jadi kamu bisa mencoba eksplorasi dengan bebas pulau-pulau yang ada di Karimunjawa. Kamu bisa mencoba berbagai macam kegiatan wisata bahari di Karimunjawa, dijamin bakal mengasyikan dan bikin betah deh! Kamu bisa mengunjungi tempat penangkaran hiu sirip putih dan hiu sirip hitam, namun, jangan khawatir ya, karena hiu-hiu ini cukup jinak dan bersahabat dengan manusia.

(Google Maps/Zubad Sam)

Kamu juga bisa menyewa salah satu Villa di pulau Menjangan Kecil untuk mendapatkan tempat bermalam selagi kamu liburan di sana, waktu yang kamu juga jadi banyak, jangan khawatir ketinggalan banyak momen, nikmati waktu yang kamu punya sepuasnya di sana.

Selama kamu di sana, kamu bisa berwisata diving atau snorkeling di perairan Karimunjawa yang jernih dan dipenuhi biota laut yang indah dan mengagumkan. Selain snorkeling di perairan biru yang jernih, kamu juga bisa menemukan tumbuhan yang hanya tumbuh di pulau ini saja, yaitu tumbuhan Dewadaru (Crystocalyx macrophyla).

Kamu mau mengunjungi objek wisata menarik lainnya di sini? Boleeh! Di Karimunjawa juga, terdapat objek wisata yang wajib kamu kunjungi seperti Bukit Joko Tuo, Bukit Love, dan Bukit Nyamplungan. Dari objek wisata ini, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan laut dari ketinggian, bukti-bukit ini juga biasanya jadi spot tempat wisatawan menikmati sunset di sore hari!

Siapa sangka, kamu bisa wisata religi di Karimunjawa? ya betul, di sini, kamu bisa berziarah ke makan Sunan Nyamplungan, anaknya Sunan Muria. Selain melepaskan beban yang melelahkan badan, di Karimunjawa juga adalah tempat yang tepat untuk melepaskan beban jiwa dan perasaan.

Nah kalau, waktu liburan kamu di Karimunjawa sudah hampir usai, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Karimunjawa untuk nanti kamu bisa bawa pulang, bisa diberikan kepada keluarga di rumah, atau kerabat terdekat juga bisa kok. Oleh-oleh yang bisa kamu beli di sini adalah kerajinan yang khas, dodol, sirup, manisa, kerupuk rumput laut, dan kerupuk kepiting. Makanan khas Karimunjawa yang paling terkenal adalah kerupuk kepiting, dijual dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp10 ribu perbungkusnya, kamu bisa membeli banyak kerupuk kepiting untuk stok di rumah nanti.

Dengan keindahan lautnya yang spektakuler dan keragaman hayati yang masih terjaga, Karimunjawa memang layak dijuluki sebagai Paradise of Java di Indonesia. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alamnya yang luar biasa, dan merasakan kedamaian serta kehangatan budaya lokal yang ramah di sana. Karimunjawa, sebuah tempat yang akan meninggalkan kenangan indah yang tak akan terlupakan. Selalu tunggu update-an terbaru tentang informasi pariwisata terlengkap, dan juga promo paketwisata opentrip ke berbagai tempat wisata terbaik di dunia, hanya di Asgatour!

.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >