fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
7 Rekomendasi Wisata Museum Terpopuler di Malaysia

7 Rekomendasi Wisata Museum Terpopuler di Malaysia

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Edukasi / Rekomendasi
18
Mar 2023

Kamu tahu ga sih, bahwa Negeri Jiran, Malaysia ini adalah salah satu negara budaya dunia versi UNESCO loh! Itu pun membuat negara Malaysia memiliki banyak banget tempat wisata bersejarah, seperti yang sudah Sobat Asga ketahui, salah satu jenis tempat wisata sejarah adalah, museum. Kali ini Asgatour akan membahas tentang tempat wisata museum paling populer dan menarik yang ada di Malaysia, list tersebut bisa kamu lihat di bawah ini!

  1. Museum UMNO Melaka

Museum populer yang pertama di Malaysia adalah Museum UMNO Melaka. Bagi Sobat Asga yang belum tahu, ternyata cikal bakal negara Malaysia yang kita kenal sekarang itu berasal dari Melaka. Museum ini memiliki koleksi dan menyimpan berbagai macam dokumentasi tentang momen kemerdekaan negara Malaysia. Bangunan dari museum UMNO Melaka ini menggunakan bangunan kuno peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1650 lalu. Segala koleksi dan dokumen pemerintahan Malaysia, mulai dari penjajahan hingga pemerintahan Malaysia modern pada saat ini.

2. National Textile Museum

(Google Maps/Ashley Almanzar)

National Textile Museum, seperti dengan namanya, museum ini memang mengkoleksi berbagai macam kain dan juga tekstil nih. Terdapat lebih dari ribuan jenis kain di sini! Selain memamerkan banyak jenis kain, di sini juga kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang pertekstilan. Kamu bisa melihat koleksi teknik apa saja yang digunakan untuk membuat berbagai macam kain serta motifnya, atau kalau kamu ingin mengetahui cara membuat sebuah kain, kamu bisa temukan caranya di sini loh! Sejarah berbagai macam kain yang didapat dari luar negeri atau lokal juga kamu bisa dapatkan di National Textile Museum, jadi bagi kamu yang ingin lebih tahu segala hal tentang kain dan tekstil, pastikan kamu kunjungi museum ini saat pergi ke Malaysia ya!

3. Baba and Nyonya Heritage

Museum populer yang ada di Malaysia ini awalnya ada bangunan milik Baba Chan, seorang keturunan Cina yang kaya raya. Sama seperti Museum UMNO Melaka, bangunan ini juga awalnya merupakan situs peninggalan Belanda yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Sehingga jangan heran apabila saat kamu mengunjungi Baba and Nyonya Heritage ini akan sangat terasa gaya arsitektur Eropa yang mendominasi. Untuk koleksi yang tersedia di museum ini adalah tentang sejarah peranak di Malaysia. Mulai dari benda-benda khas etnik Tionghoa, perabot antik Italia, Belanda, dan juga Inggris.

4. Museum Samudra (Flor de La Mar)

(Eina Yusof)

Dilihatnya saja sudah unik ya museum ini! Iya dong, museum yang dikenal sebagai nama Museum Maritim Melaka ini juga merupakan replikasi kapal Portgus yang pada jaman dahulu pernah mendarat di tanah Malaysia pada tahun sekitar 1600-an. Bersambung dengan sejarah Malaysia yang saat dulu pernah menjadi daerah jajahan Portugis, replika kapal ini memang dibangun untuk menjadi pengingat para masyarakat Malaysia. Pada jaman dahulu, kapal ini juga dimanfaatkan untuk mengantarkan banyak barang berharga dan juga dokumen milik Kesultanan Melaka ke Portugis, Namun naas, saat kapal ini ingin kembali pulang ke Portugal, kapal ini karam di selat Malaka. Sehingga saat ini, Museum Samudra memiliki koleksi sejarah yang kompleks tentang pelayaran dan juga maritim bangsa yang pernah singgah di Malaysia, selain sejarah maritim, pelayaran, di sini juga terdapat sejarah pelayat nasional Malaysia loh!

5. Wonderfood Museum

Kalau yang ini sudah pasti populer, cocok untuk Sobat Asga yang menyukai kuliner serta makan-makan. Karena di museum ini terdapat koleksi lebih dari 100 jenis replikas makanan tradisional hingga jajanan jalan yang ada di Malaysia! Museum yang memiliki konsep yang berbeda ini memamerkan makanan yang tidak hanya berasal dari Malaysia, namun ada juga dari negara lainnya, sepertu India, Peranakan, dan juga Cina!

“Tapi MinGa, aku juga lapar nih,” Tenang aja dong, karena setelah kamu puas berkeliling di Wonderfood Museum di Malaysia ini, kamu bisa mendapatkan aneka makanan yang disediakan oleh pihak museum, pastinya enak dan lezat deh!

6. Pinang Peranakan Mansion

(Google Maps/MY 360 Playbook)

Selain Baba and Nyonya Heritage, Malaysia juga memiliki museum peranakan lain yang berlokasi di Pinang, yaitu Pinang Peranakan Mansion. Bangunan museum yang akan kamu pada saat ini sudah mengalami banyak renovasi, tapi isi dari museum ini sama bersejarahnya kok! Museum ini awalnya merupakan rumah dari Chung Keng Kwee, salah satu orang kapten ternama, dan saat ini sudah dialihfungsikan sebagai museum. Di masa lalu, Kapten jnu merupakan pemimpin organisasi rahasia dan juga penambang timah yang merupakan warga asli Cina Daratan! Tapi Sobat Asga mengira pasti koleksi di museum ini hanya berasal dari kebudayaan tionghoa kan? Padahal terdapat lebih dari 1.000 barang antuk yang berasal dari kebudayaan Eropa loh!

7. Islamic Art Museum Malaysia

Sama seperti di Indonesia, Malaysia adalah negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga tidak aneh apabila terdapat banyak tempat wisata religi Islam di Malaysia. Nah Islamic Art Museum Malaysia yang dibuka pada tahun 1998 ini merupakan museum Islam terbesar se-Asia Tenggara loh! Museum ini memiliki banyak koleksi segala hal tentang agama islam yang berasal dari seluruh dunia.

Hingga saat ini, setidaknya ada terdapat 12 galeri koleksi Islam yang digunakan untuk menyimpan berupa 7.000 artefak tentang sejarah, budaya, ataupun benda yang berhubungan dengan perkembangan Islam di Malaysia dan juga dunia, bagi Sobat Asga yang tertarik, kalau udah ada di Malaysia, jangan lupa melipir ke musum ini ya!

Itu adalah 7 museum paling populer dan menarik yang ada di Malaysia, selain ke 7 museum ini, masih terdapat banyak museum yang ada di sana loh. Jadi luanglan waktu liburan kamu untuk pergi eksplorasi berbagai macam museum di Malaysia, selain liburan, kamu juga jadi bisa belajar berbagai macam sejarah kan? Nah, kalau kamu makin ga sabar mau liburan ke Malaysia, coba deh cek berbagai macam paket wisata dan opentrip yang tersedia di Asgatour, udah murah, mudah, dijamin seru lagi! Tunggu apalagi, hubungi nomor WhatsApp di 0817-220-200 untuk informasi lebih jauh!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >