fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Bangka Belitung, Pesona Nusantara yang Melegenda

Bangka Belitung, Pesona Nusantara yang Melegenda

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Fakta Unik / Informasi
22
Mar 2023

Sebelumnya dikenal sebagai wilayah kepulauan, Provinsi Bangka Belitung terkenal dengan Pulau Bangka dan Pulau Belitung sebagai pulau terbesarnya. Selain itu, terdapat banyak pulau lain yang menawarkan pemandangan yang menarik seperti Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar yang menjulang di salah satu sisi pulau, memberikan pemandangan dramatis saat matahari terbit atau terbenam. Pulau Pasir adalah pilihan yang tepat bagi yang mencari lembutnya pasir pantai, dengan hamparan pasir putih yang luas seperti permadani putih di bibir laut. Ada pula Pulau Burung dengan batu unik di tengah pantai yang bentuknya menyerupai burung, dan Pulau Batu Berlayar yang memiliki bebatuan seolah tengah berlayar di laut ketika air pasang. Keindahan yang melegenda, dengan adanya film ‘Laskar Pelangi’ juga membuat Bangka Belitung semakin dikenal banyak orang sebagai tempat wisata yang unik, menarik, dan juga indah. Kali ini Asgatour akan memperkenalkan kepada Sobat Asga tentang berwisata di Bangka Belitung!

Jika Sobat Asga menjelajahi kawasan Bangka Belitung lebih dalam, akan banyak pantai yang dapat dikunjungi selama kamu liburan di sana. Contohnya adalah Pantai Tanjung Tinggi di Kabupaten Belitung yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Kelayang. Sehingga, kamu bisa mengunjungi dua pantai sekaligus dalam satu perjalanan, yaitu Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki batuan granit yang unik, menarik, dan memang sudah menjadi khas nya Bangka Belitung. Pasir putih yang luas dan laut biru yang jernih semakin menambah daya tarik Pantai Tanjung Tinggi ini. Namun, jika kamu mau mencari kuliner seafood segar, kunjungi saja Pantai Tanjung Pendam. Di sini terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan hidangan seafood yang lezat dan beragam pilihan penginapan. Kalau berbicara pantai paling populer di Pulau Bangka itu adalah Pantai Matras, dengan garis pantai terpanjang dibandingkan pantai lainnya. Seperti pantai-pantai lain di Belitung, Pantai Matras memiliki keindahan pasir putih, batu granit, laut biru, dan pohon kelapa di sekitarnya. Namun, sebenarnya terdapat lebih banyak spot yang bisa dijelajahi di sekitar Pantai Matras karena sangking luasnya. Jangan lewatkan juga Pantai Parai Tenggiri yang memiliki ombak yang lembut dan keindahan pasir halus serta laut biru yang tenang. Kalau kamu tertarik, kamu juga dapat melakukan aktivitas watersport seperti menaiki banana boat atau snorkeling dan menyelam. Untuk yang ingin menyelami keindahan bawah laut, ada Pulau Babi atau Pulau Kepayang yang cocok untuk snorkeling atau menyelam. Sedangkan Pulau Leebong menawarkan pengalaman seru watersport seperti kayak, banana boat, dan jet ski.

(bangkatour.com)

Secara umum, pantai-pantai di Bangka Belitung memang memiliki pasir yang lembut, pesisir pantai yang landai, air yang jernih, serta kumpulan batu granit yang mempesona dan spot diving yang indah. Contohnya adalah Pantai Tanjung Kelayang yang memiliki jejeran batu granit di beberapa sisinya, yang masing-masing memiliki keindahan sendiri dan terasa seperti berada di zaman purba. Kalau di Pulau Lengkuas, kamau dapat melakukan snorkeling dan diving untuk melihat kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1990. Dengan menyelam hingga kedalaman 19 meter, kamu akan menemukan bangkai kapal yang terdapat terumbu karang yang kini menjadi rumah bagi ikan-ikan cantik.

Pangkal Pinang sebagai ibukota provinsi merupakan pintu masuk Sobat Asga untuk menjelajahi Bangka Belitung. kamu dapat mengunjungi Kampung Cina yang menjadi bagian sejarah industri timah, serta Pantai Pasir Padi yang hanya berjarak 7 km dari pusat kota. Saat air surut, kamu juga dapat menikmati keindahan Pulau Punan yang menawan. Tidak jauh dari Pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 kilometer, Sobat Asga akan menemukan Pantai Tanjung Bunga yang tak kalah menarik. Selain itu, terdapat banyak pilihan kuliner yang dapat kamu nikmati di Bangka Belitung, berbagai sajian khas Bangka, seperti Mie Koba, Sup Lempah kuning, Lampek Durian, Getas (kerupuk ikan), Kemplang, Kue Binge, Lakse, Empek-Empek, Kue Bludar, Otak-Otak, dan Cempedak Goreng bisa kamu nikmati, pastinya bakal bikin kamu pengen nambah lagi!

(Google Maps/Tony Loman)

Lalu ada salah satu fenomena alam yang menarik di Bangka Belitung, yaitu Danau Kaolin yang terletak di Jalan Murai, Tanjung Pandan, Belitung juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Biasanya Kaolin digunakan sebagai bahan baku kertas, keramik, porselin, pasta gigi, kosmetik, logam, hingga karet. Danau Kaolin terbentuk dari bekas galian kaolin yang sudah terbengkalai puluhan tahun, dan kemudian terisi air secara alami sehingga menghasilkan warna biru jernih pada airnya, sehingga membuat danau ini sering dijadikan objek fotografi.

Provinsi Bangka Belitung juga memiliki desa wisata yang menawarkan pesona tersendiri seperti Desa Teluk Limau, Desa Belo Laut, Desa Kapit, Desa Bakit, dan Desa Airputih. Untuk pencinta pantai, ada Desa Jebu Laut dan Desa Penganak. Beberapa desa di wilayah Bangka Belitung juga berhasil menerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, seperti Desa Air Anyir, Desa Lumut, Desa Tanah Bawah, dan Kampung Kapitan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa desa wisata merupakan salah satu langkah untuk kebangkitan ekonomi dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemenparekraf juga telah memberdayakan UMKM lokal dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan. Kamu juga dapat merasakan suasana tradisional desa wisata yang sudah diresmikan sejak tahun 2000, yaitu Desa Gendong di Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Desa Gedong merupakan perkampungan Cina tertua di Bangka yang telah berdiri sejak abad ke-18, di mana kamu dapat menemukan bangunan-bangunan yang berarsitektur Cina dengan penduduknya yang ramah.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan keramahan penduduknya yang mengagumkan, Bangka Belitung memang tak pernah kehabisan pesona untuk menggoda Sobat Asga untuk menjelajahi setiap sudutnya. Jadikanlah destinasi ini sebagai pilihan utama kamuu untuk merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan ya! Setelah mengunjungi Bangka Belitung, siapa tahu kamu akan tergoda untuk kembali lagi dan lagi, karena pesona yang dimilikinya benar-benar sulit untuk dilupakan. Selalu tunggu update terbaru dari Asgatour yang pastinya memberikan informasi pariwisata yang bermanfaat ya!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >