fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Panduan Wisata Lengkap Ke Gunung Bromo

Panduan Wisata Lengkap Ke Gunung Bromo

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Panduan
23
Mar 2023

Berpetualang di atas lautan pasir dan bertemu dengan Gunung Bromo adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi para Sobat Asga si petualang dan pecinta alam. Namun, sebelum kamu memulai perjalananmu, yuk simak panduan wisata ke Gunung Bromo dari Asgatour ini untuk memastikan perjalananmu aman, nyaman, dan tak terlupakan! Siapkan jaket tebal dan sepatu khusus, bawa perlengkapan lengkap, serta persiapkan fisik dan mentalmu, karena kamu akan menuju destinasi wisata yang menawarkan pemandangan spektakuler dan tantangan yang tak terlupakan, Gunung Bromo!

  1. Cara Menuju ke Gunung Bromo
(Gerbang Masuk TNBTS, Google Maps/Zafri Arifin)

Ada banyak pilihan jalur transportasi yang dapat kamu gunakan untuk menuju ke Gunung Bromo, karena Gunung Bromo berada di wilayah kabupaten yang berbeda. Secara keseluruhan terdapat 4 pintu masuk yang dapat digunakan yaitu dari Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Namun, terdapat 3 jalur utama yang sering digunakan sebagai perlintasan umum, yaitu dari Malang dan Surabaya. Berikut adalah rute perjalanannya:

a. Surabaya – Tongas Probolinggo – Sukapura – Cemoro Lawang – Bromo

b. Surabaya – Pasuruan – Tosari – Wonokitri – Bromo

c. Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – Bromo

Untuk menuju ke Bromo, kamu dapat menggunakan kendaraan umum, dengan rute yang paling mudah melalui Pasuruan atau Probolinggo. Namun, sebaiknya jangan merencanakan perjalanan pada sore atau malam hari ya jika menggunakan kendaraan umum, agar lebih aman, mulai perjalanan saat pagi hari. Rute dari kota Malang melalui Gubugklakah lebih disukai oleh wisatawan daripada melalui Surabaya-Probolinggo, meskipun medannya cukup terjal, namun, pemandangan alam yang indah akan memanjakan mata Sobat Asga selama perjalanan

  1. Musim Terbaik untuk Berkunjung ke Gunung Bromo

Bromo selalu indah dan cantik dengan panorama yang dimilikinya. Namun, setelah musim penghujan, suasana di sekitar Bromo menjadi hijau kembali dengan keindahan tanah pegunungan yang subur dan tanaman perdu yang bermunculan di setiap kontur kawasan Gunung Bromo. Sementara saat musim kering, coklat pasir menguasai pemandangan di lautan pasir Bromo, memberikan kesan berada di tengah gurun pasir yang luas. Gunung Bromo memiliki dua suasana yang berbeda saat musim kemarau atau musim hujan karena pengaruh vegetasi yang tumbuh di sekitarnya. Sehingga, saat musim apapun, gunung Bromo tetap akan indah dengan memancarkan pesonanya dengan cara yang berbeda, tinggal Sobat Asga yang memilih deh!

  1. Waktu dan Hari Terbaik untuk Berkunjung ke Gunung Bromo
(Google Maps/Jin Yamazaki)

Gunung Bromo selalu ramai oleh kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Jika kamu ingin menikmati suasana di Gunung Bromo yang lebih tenang tanpa keramaian pengunjung, sebaiknya pilihlah waktu di weekday atau weekend juga boleh, namun, bukan saat liburan panjang atau High Season seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru ya. Menurut laporan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) selaku pengelola kawasan wisata alam di Bromo, selama liburan Natal dan Tahun Baru, tercatat 27.331 orang yang berkunjung ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru dalam seminggu, kebayang kan akan penuhnya seperti apa.

  1. Menginap di Bromo

Jika kamu ingin berkunjung ke Gunung Bromo, sangat disarankan untuk merencanakan durasi kunjungan kamu ke gunung Bromo jauh sebelumnya, terutama terkait dengan budget yang harus dikeluarkan selama berwisata di Bromo. Kamu bisa memilih untuk menginap selama 12 jam atau satu malam di Bromo atau melakukan wisata tanpa menginap, yaitu dengan berangkat saat tengah malam untuk melihat sunrise di Pananjakan dan kembali siang hari setelah menikmati 6 spot populer di Gunung Bromo. Kalau kamu memilih untuk menginap di sekitar Bromo, banyak tersedia akomodasi yang bisa kamu pilih, seperti hotel dan penginapan dengan berbagai fasilitas mulai dari hotel bintang hingga homestay, ada juga rumah masyarakat Tengger yang disewakan sebagai tempat penginapan bagi wisatawan.

  1. Jasa Wisata di Bromo
(Google Maps/Go-Jeep)

Untuk memesan jasa wisata ke Gunung Bromo sangat mudah diakses karena semua informasi tentang Bromo sudah tersedia secara online. Kamu bahkan bisa mengelola wisata sendiri tanpa menggunakan jasa operator wisata atau menyewa jeep di Bromo loh. Jika kamu ingin melakukan wisata bersama keluarga dengan kendaraan pribadi, Sobat Asga hanya perlu membeli tiket masuk kawasan Bromo dan menuju 4 atau 6 spot populer dengan menyewa jeep atau melakukan trekking. Kamu juga bisa membeli makanan atau minuman di warung atau restoran di sepanjang jalan. Namun, kendaraan hanya diperbolehkan sampai di lautan pasir di Gunung Bromo, sedangkan untuk menuju ke Kawah Bromo hanya bisa menggunakan jeep atau melakukan trekking. Kalau kamu tidak ingin jalan kaki atau trekking, maka kendaraan pribadi bisa diparkir di hotel atau rest area dan kamu pun bisa menyewa jeep Bromo. Namun, sewa jeep tidak wajib jika Anda ingin menuju Kawah Bromo karena ada alternatif lain seperti trekking atau menggunakan kuda. Meski begitu, sekarang sudah jarang pelancong yang tidak menyewa jeep Bromo jika ingin menuju Kawah Bromo dan spot populer lainnya.

  1. Menghadapi Udara Dingin

Karena Gunung Bromo berada pada ketinggian 2.329 mdpl, suhunya bisa mencapai di bawah 10 derajat Celsius loh. Oleh karena itu, jika kamu tidak terbiasa dengan suhu yang dingin, udara di Gunung Bromo bisa menjadi sulit untuk ditangani. Untuk mengantisipasi ini, pastikan kamu membawa jaket tebal, syal leher, sarung tangan, dan inhaler bagi Sobat Asga yang memiliki asma, agar semakin aman dan nyaman.

  1. Menggunakan Sepatu Khusus
(Google Maps/Juanjo Parra Lopez)

Jika kamu hanya akan banyak berada di kendaraan daripada berjalan di lautan pasir, Gunung Pananjakan atau Kawah Bromo, maka tidak perlu memakai sepatu khusus. Tetapi jika kamu berencana melakukan banyak aktivitas di luar, sepatu boot atau trekking lebih aman, terutama saat musim hujan. Sepatu trekking, tidak hanya melindungi kaki dari medan yang sulit, pasir, dan batu, tetapi juga menjaga suhu kaki agar tetap hangat dari udara dingin di Gunung Bromo.

  1. Membawa Perlengkapan yang Aman dan Lengkap
(Google Maps/muhammad isa)

Kawah Gunung Bromo itu adalah gunung yang masih aktif mengeluarkan bau belerang yang sangat tajam. Bau belerang ini dapat menyebabkan sesak napas, terutama bagi orang yang memiliki penyakit asma. Sebaiknya, bawa masker atau buff untuk mencegahnya. Fungsinya juga dapat menyaring debu atau pasir yang terbang. Terlebih lagi, jika kamu berkunjung selama musim kemarau, kacamata hitam akan sangat berguna untuk melindungi mata dari sinar matahari dan debu yang terbang. Sedangkan topi, kerpus, atau balaclava dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Secara perlahan tapi pasti, kamu tidak akan merasakan terik matahari yang sangat kuat karena kamu berada di ketinggian dengan suhu yang dingin.

  1. Membawa Bekal Makanan dan Air Minum

Di kawasan wisata Gunung Bromo, kamu dapat menemukan banyak penjual makanan. Mulai dari warung mie instan hingga kedai sate ayam, tersedia untuk kamu pilih! Namun, jika kamu ingin menghemat lebih banyak biaya, kamu bisa mampir ke beberapa minimarket di kawasan Jemplang atau Sukapura. Pastikan kamu membawa air mineral, roti sobek, atau bubur instan untuk menjaga stamina dan menghindari kekurangan cairan tubuh.

Jadi, itulah beberapa tips dan panduan yang dapat membantu kamu dalam merencanakan perjalanan wisata ke Gunung Bromo. Sekali melihat keindahan Gunung Bromo, kamu pasti akan tergoda untuk kembali dan mengulanginya lagi. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman tentang kondisi di sana, kamu akan bisa menikmati keindahan alam yang memukau dan pengalaman tak terlupakan di Gunung Bromo. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar serta mematuhi aturan-aturan yang berlaku selama di sana. Kalau kamu bingung untuk mempersiapkan liburan kamu ke Bromo, jangan khawatir, Asgatour akan selalu ada demi menciptakan momen liburan kamu menjadi lebih mudah, lebih indah, dan tak terlupakan! Selalu cari paket opentrip ke Gunung Bromo atau ke tempat wisata menarik lainnya di Asgatour ya! Selamat berpetualang bersama Asgatour!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >