fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Wisata Penuh Adrenalin di Green Canyon Pangandaran

Wisata Penuh Adrenalin di Green Canyon Pangandaran

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Wahana / Wisata
25
Mar 2023

Jangan pernah meremehkan kekuatan alam saat merasakan sensasi seru dan menantang di wisata Green Canyon Pangandaran ya! Siapkan adrenalinmu untuk mengarungi air jernih keijauan dan arus deras dengan bermain bodyrafting di sana, dan rasakan pesona keindahan alam yang masih asri di sepanjang perjalananmu. Tetesan air dari tebing-tebing batu kapur yang menawan akan menemani perjalanan wisata penuh adrenalin kamu! Green Canyon Pangandaran, destinasi wisata menantang yang tak boleh dilewatkan bagi para Sobat Asga si pecinta bodyrafting.

Green Canyon atau yang lebih dikenal sebagai nama Cukang Taneuh oleh para kalangan warga sekitar Pangandaran adalah tempat wisata alam yang terletak di Cijulang, Pangandaran, jaraknya sekitar 31 km dari pusat Pangandaran. Nama Green Canyon ini pertama kali muncul ketika seorang wisatawan Perancis mengunjungi tempat ini pada tahun 1993 dan memuji keindahan air jernih kehijauan serta keberadaan lumut dan air sungai yang mengalir pada setiap sisi tebingnya. Green Canyon atau Ngarai Hijau adalah lembah atau ngarai yang memliki tebing yang terjal di kedua sisinya, tebing ini yang dulunya merupakan gua utuh tetapi terkikis oleh erosi sungai sehingga atap dan dindingnya runtuh, tersisa hanya sebagian kecil pada mulut gua, oleh karena itu fenomena ini hanya terjadi di daerah yang terdapat batu karst atau daerah batu kapur. Green Canyon dikenal sebagai destinasi wisata yang populer karena pemandangannya yang masih alami dan juga memberikan penawaran kegiatan yang menarik dan memacu adrenalin, sehingga hampir setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung yang datang dan pergi, terutama pada akhir pekan ketika destinasi wisata ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan untuk menghabiskan waktu agar Sobat Asga tidak bosan di rumah!

Ketika berkunjung ke Green Canyon, ada banyak kegiatan yang menarik untuk kamu lakukan. Kamu bisa mencoba kegiatan utama dari Green Canyon itu sendiri, yaitu body rafting untuk merasakan sensasi berenang dengan menggunakan pelampung dan kamu tinggal mengikuti arus derasnya begitu saja, namun pastinya akan ada guide yang memberikan arahan agar bermain bodyrafting di Green Canyon ini semakin aman, atau kamu bisa mengambil foto untuk mengabadikan momen terbaik dengan background keindahan alam yang menawan. Selain itu, masih ada beberapa kegiatan lain yang bisa kamu coba di sini. Bagi Sobat Asga yang gemar berenang, menjelajahi sungai hingga sampai ujung dengan Bodyrafting akan menjadi aktivitas paling menyenangkan di tempat ini. Di ujung sungai, terdapat goa dengan banyak kelelawar lalu-lalang diatap gua. Selain berenang, kamu juga bisa menyelam dan menikmati pemandangan indah dari bawah laut. Ngarai hijau ini memang surganya para penyelam, dengan cekungan dalam yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Bagi yang suka tantangan, kamu bisa mencoba lompat tebing dari ketinggian hingga ke lubuk yang paling dalam di Green Canyon, ini akan membuat adrenalinmu meningkat karena loncat dari tebing dengan ketinggian 4 meter memang sangat menantang. Selain kegiatan-kegiatan tersebut, masih banyak spot indah di Green Canyon yang sayang untuk dilewatkan tanpa berfoto, oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil foto di setiap spotnya.

(Google Maps/ilham_official208)

Untuk mencapai tempat ini sebenarnya tidaklah sulit karena Green Canyon di Pangandaran bukanlah destinasi yang baru. Kamu dapat menemukan banyak petunjuk jalan untuk menuju ke sana. Green Canyon terletak di desa Kertayasa, Cijulang, Kabupaten Ciamis. Jika kamu berangkat dari kota Pangandaran, jaraknya hanya 31 km. Sementara itu, bagi Sobat Asga yang berasal dari luar Jawa Barat dapat memanfaatkan moda transportasi darat atau udara dengan tujuan Bandung sebagai kota awal. Dari Jakarta, kamu dapat memilih rute Bandung-Tasikmalaya dan melanjutkan perjalanan menuju Ciamis hingga Cijulang. Jalur ini umumnya sering digunakan oleh para wisatawan untuk menuju ke Green Canyon. Namun, jika kamu berangkat dari Bandung, jaraknya lebih jauh sekitar 180 km lagi. Jika kamu ingin menginap di kawasan Pangandaran, disarankan untuk menggunakan jalur alternatif agar lebih mudah, gunakan Google Maps untuk membantu navigasi kamu saat ingin mencoba berwisata di Green Canyon Pangandaran.

Waktu operasional Green Canyon ini dibuka mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore, namun pada hari Jumat, tempat ini hanya dibuka setelah shalat Jumat, sekitar pukul 1 siang. Oleh karena itu, jika kamu ingin coba untuk berwisata ke Green Canyon, pastikan untuk memperhatikan jam bukanya dengan baik agar waktu kamu tidak terbuang percuma ketika tiba di sana. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, karena kamu hanya perlu membayar biaya sewa perahu saja. Untuk transportasi, kamu dapat menggunakan perahu kayu modern yang dapat menampung 5 penumpang sekaligus, yang disebut ketiting. Namun, biaya untuk perjalanan pulang pergi ke Green Canyon dengan perahu ini adalah sebesar Rp200 ribu per perahu dengan kapasitas 5 orang, dengan biaya yang kamu bayarkan tersebut, kamu mendapat paket bodyrafting di Green Canyon, tiket asuransi, tour guide untuk bodyrafting, dan paket makan siang setelah bodyrafting. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa uang yang cukup ya untuk mendapatkan fasilitas wisata bodyrafting di sana! Durasi perjalanan dari dermaga ke Green Canyon adalah sekitar 45 menit. Namun, perjalanan menuju spot awal bodyrafting ini tidak akan membosankan karena kamu dapat menikmati pemandangan alam yang masih asri dan indah, dengan banyak pohon hijau menjulang tinggi di sepanjang pantai yang membuatnya terlihat lebih eksotis. Selain itu, jika beruntung, kamu juga dapat melihat berbagai satwa liar yang hidup di kawasan sungai yang menakjubkan. Selain itu, aliran sungai dan goa yang akan Sobat Asga lewati pun juga sangat indah.

(Google Maps/Agung Nugraha)

Beberapa hal perlu diperhatikan jika ingin berkunjung ke destinasi wisata ini Green Canyon di Pangandaran ini. Pertama-tama, kamu harus datang lebih awal untuk menghindari antrean yang panjang untuk mendapatkan perahu, dan hindari berkunjung pada akhir pekan ya, karena seperti yang sudah Sobat Asga tahu, weekend itu berarti pengunjung yang lebih banyak daripada hari biasanya. Selain itu, jangan datang selama musim hujan, karena tempat ini biasanya ditutup karena peningkatan debit air dan airnya akan berwarna cokelat, peningkatan debit air juga akan menjadikan wisata bodyrafting dihentikan sementara dengan alasan keselamatan Musim kemarau adalah waktu yang terbaik untuk Sobat Asga berkunjung karena airnya jernih, tenang, dan berwarna hijau. Untuk keselamatan dan pengalaman yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan tour guide dan membawa uang tunai yang cukup karena tidak ada bank atau ATM di sana. Meskipun biaya masuk gratis, kamu tetap perlu membayar untuk menyewa perahu. Bila ingin lebih hemat, sebaiknya berkunjung dengan rombongan. Jangan lupa membawa baju ganti dan kamera waterproof, karena selama perjalanan bodyrafting berlangsung, kamu akan berhenti di spot-spot foto yang indah dan juga menarik, tour guide akan banyak mengambil foto kamu, karena mereka sudah biasa mengambil foto untuk para pengunjung, kualitas pengambilan fotonya juga tidak perlu di tanyakan lagi. Terakhir, untuk menikmati pengalaman yang lebih lama, kamu bisa menginap di penginapan yang dekat dengan Green Canyon atau mencari penginapan di Pangandaran, selagi kamu liburan di Pangandaran, sempatkan waktu kamu untuk bermain bodyrafting di Green Canyon ini untuk pengalaman yang berbeda!

Jadi, Sobat Asga jangansampai melewatkan keseruan untuk merasakan sensasi petualangan bodyrafting di Green Canyon Pangandaran yang menakjubkan ini ya! Datanglah dan nikmati keindahan alamnya yang memukau, serta raihlah pengalaman tak terlupakan bersama keluarga dan teman-temanmu! Keseruan dan keindahan Green Canyon Pangandaran memang tak terbantahkan. Dengan panorama alam yang eksotik dan petualangan bodyrafting yang mengasyikkan, liburan kamu di sini dijamin tak akan terlupakan. Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan Green Canyon dalam daftar destinasi liburanmu selanjutnya! Dan yang lebih penting, jangan lupa untuk selalu tunggu update terbaru tentang informasi pariwisata yang tersedia di Asgatour, informasinya dijamin bermanfaat dan akan membantu membuat momen wisata kamu semakin seru dan tak terlupakan!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >