fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Jadi Kepulauan Terbesar di Dunia, Inilah Beberapa Keunikan Raja Ampat

Jadi Kepulauan Terbesar di Dunia, Inilah Beberapa Keunikan Raja Ampat

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Fakta Unik
15
Apr 2023

Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Terletak di bagian barat Papua, Raja Ampat terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan belum terjamah oleh manusia. Tak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, ada beberapa fakta menarik mengenai Raja Ampat yang mungkin belum banyak diketahui orang. Kali ini, MinGa udah bikin rangkumannya untuk Sobat Asga, 7 fakta menarik dari Raja Ampat!

1.Kepulauan Terbesar di Dunia

(Google Maps/Yannis P)

Kepulauan ini terletak di barat laut Papua Barat, Indonesia, dan terdiri dari sekitar 1.500 pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar 40.000 km². Pulau terbesar di Raja Ampat adalah Waigeo, dengan luas sekitar 3.155 km². Di pulau ini, terdapat berbagai tempat wisata yang menarik seperti Teluk Kabui, Danau Salmor, dan Kampung Yenwaupnor. Selain itu, ada juga Misool yang merupakan pulau terbesar kedua di Raja Ampat dengan luas sekitar 2.034 km² dan menjadi tempat wisata populer untuk menyelam, snorkeling, dan melihat terumbu karang.

2. Habitat Terbesar di Dunia untuk Jenis Terumbu Karang

(Sumber: pegipegi.com)

Lebih dari 600 spesies karang hidup di Raja Ampat yang menjadikan tempat ini sebagai ekosistem karang terbesar di dunia. Terumbu karang tersebut juga menjadi habitat bagi lebih dari 1. 500 spesies ikan dan hewan laut lainnya. Keanekaragamannya itu menjadikan Raja Ampat sebagai wisata diving terbaik di dunia. Berbagai situs diving yang berada di sana juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, seperti Blue Magic, Cape Kri, dan Misool Island.

3. Beragam Hewan Endemik

(Google Maps/Mugi Arto)

Raja Ampat memiliki beragam hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di sana, seperti burung Cendrawasih, ikan napoleon, dan kuskus. Selain itu juga Raja Ampat juga merupakan habitat bagi beberapa spesies burung langka, seperti burung cendrawasih merah, burung Wilson, dan burung paruh-sabit.

4. Terdapat Kampung Adat Suku Asli Papua

(Sumber: indonesia.travel)

Di Raja Ampat terdapat kampung adat Suku Asli Papua yang masih mempertahankan tradisi dan budaya mereka, seperti tarian adat, cara bercocok tanam, dan pembuatan alat-alat tradisional. Salah satu kampung adat yang terkenal di Raja Ampat adalah Kampung Arborek. Terletak di pulau kecil dengan nama yang sama, kampung ini dikelilingi oleh hamparan karang dan memiliki pantai yang indah. Di sini, pengunjung dapat melihat dan belajar tentang kehidupan masyarakat setempat yang masih memegang tradisi dan adat istiadat mereka. Kampung Arborek juga terkenal dengan kerajinan tangan dan seni rupa khas Papua, seperti ukiran kayu, anyaman daun kelapa, dan tenun.

Selain Kampung Arborek, ada banyak kampung adat lain di Raja Ampat seperti Kampung Saukabu, Kampung Yenwaupnor, dan Kampung Arefi. Setiap kampung adat memiliki ciri khas dan budaya yang unik, sehingga pengunjung dapat mengenal dan memahami keberagaman budaya di Raja Ampat.

5. Sejarah Penemuan Raja Ampat

(Google Maps/adi nugroho0509)

Kepulauan Raja Ampat ditemukan oleh Max Ammer, seorang Belanda pada tahun 1900. Ia membawa temannya, ahli perikanan Gerry Allen untuk meneliti lebih lanjut. Mereka menemukan banyak bangkai pesawat dari Perang Dunia Kedua di pulau tersebut, mengungkap sejarah yang tidak terduga selain keindahan wisatanya.

Wah, ternyata Raja Ampat memang memiliki keindahan yang menakjubkan, ya. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki keunikan dan kekayaan budaya yang patut dijaga dan dilestarikan, nih Sobat Asga. Nah, setelah mengetahui fakta menariknya, jadi bikin makin pengen ke Raja Ampat ya? Yuk, booking perjalananmu sekarang bersama Asgatour!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >