fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Hal yang Harus Disiapkan Ketika Mudik

Hal yang Harus Disiapkan Ketika Mudik

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Tips and Trick
16
Apr 2023

Sobat Asga udah pada siap mudik belum, nih? Mudik merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman pada saat hari raya atau momen-momen penting lainnya. Tradisi ini sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia yang kaya akan nilai dan norma. Namun, untuk melakukan mudik ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan mudik:

1.Persiapkan Transportasi

(Tirto.id)

Transportasi merupakan hal yang paling penting ketika melakukan mudik. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan layak jalan. Periksa ban, rem, mesin, dan peralatan keselamatan lainnya. Jika menggunakan kendaraan umum, pastikan tiket sudah dipesan sebelumnya untuk menghindari kehabisan tiket. Selain itu, pastikan juga bahwa kendaraan yang digunakan memiliki asuransi kendaraan yang dapat memberikan perlindungan dalam hal terjadi kecelakaan.

2. Persiapkan Peralatan Penting

Saat melakukan perjalanan mudik, pastikan membawa peralatan penting yang dapat membantu keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Peralatan seperti peta, GPS, charger, powerbank, dan peralatan darurat seperti obat-obatan dan perlengkapan medis sangat penting untuk dibawa. Pastikan juga bahwa peralatan yang dibawa dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

3. Persiapkan Dokumen Penting

Pastikan membawa dokumen penting seperti KTP, SIM, dan STNK yang masih berlaku. Jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan seperti surat keterangan bebas COVID-19 atau hasil tes swab. Selain itu, pastikan juga bahwa dokumen tersebut disimpan dengan aman dan mudah dijangkau selama perjalanan.

4. Persiapkan Uang Tunai dan Kartu Debit

(Alodokter.com)

Pastikan membawa uang tunai yang cukup untuk keperluan selama perjalanan, seperti membeli makanan dan minuman serta biaya tol dan parkir. Selain uang tunai, pastikan juga membawa kartu debit atau kartu kredit yang dapat digunakan untuk membayar di tempat-tempat yang tidak menerima uang tunai.

5. Persiapkan Makanan dan Minuman

Saat melakukan perjalanan mudik, pastikan membawa makanan dan minuman yang cukup. Jika membawa makanan, pastikan makanan tersebut masih segar dan tahan lama. Jangan lupa membawa air minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, pastikan juga bahwa makanan dan minuman yang dibawa sesuai dengan selera dan kebutuhan selama perjalanan.

6. Pastikan Keamanan Rumah

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan rumah dalam keadaan yang aman. Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik. Jangan lupa mematikan semua peralatan listrik dan air agar tidak terjadi kebakaran atau banjir. Selain itu, pastikan juga bahwa rumah dalam kondisi yang bersih dan rapi sehingga terhindar dari hewan dan serangga yang dapat merusak barang-barang di dalam rumah.

7. Patuhi Protokol Kesehatan

Selama perjalanan mudik, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hindari kerumunan dan tempat-tempat yang ramai untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Selain itu, pastikan juga bahwa peralatan kesehatan seperti hand sanitizer dan masker selalu tersedia dan dapat digunakan selama perjalanan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan mudik agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar dan aman. Dengan persiapan yang matang dan teliti, mudik dapat menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga. Selamat mudik!

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >