fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Ucap Syukur Melalui Tradisi Baritan ala Warga Wonosobo

Ucap Syukur Melalui Tradisi Baritan ala Warga Wonosobo

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Fakta Unik
27
Apr 2023

Cara kita mengungkapkan rasa syukur bisa melalui berbagai medium, salah satunya dengan tradisi yang sudah turun menurun dilakukan oleh warga Wonosobo. Tradisi itu bernama Tradisi Baritan. Baritan adalah tradisi ucap syukur yang dilakukan oleh masyarakat di Wonosobo, Jawa Tengah. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang telah mereka dapatkan. Tradisi Baritan di Wonosobo dilaksanakan setiap bulan Mei atau Juni, tepatnya pada saat musim panen raya tiba. Pada hari tersebut, masyarakat setempat mengambil waktu untuk beristirahat dari pekerjaan sehari-hari dan merayakan hasil panen yang telah mereka dapatkan. Sebelum pelaksanaan Baritan, masyarakat setempat akan membersihkan area di sekitar tempat acara dan menyiapkan perlengkapan seperti tenda, kursi, dan meja. Selain itu, mereka juga akan menyiapkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk disajikan kepada tamu yang datang.

Acara Baritan dimulai dengan prosesi pawai yang dipimpin oleh seorang kepala desa atau tokoh masyarakat setempat. Selama prosesi, masyarakat membawa berbagai macam hasil panen seperti padi, jagung, kacang, dan sayuran. Setelah prosesi selesai, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan ucap syukur atas hasil panen yang telah diperoleh. Selama acara Baritan, masyarakat setempat juga menampilkan tarian dan musik tradisional sebagai bagian dari perayaan. Mereka akan memainkan berbagai jenis alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, dan kendang.

Setelah acara selesai, masyarakat setempat akan membagikan hasil panen kepada tamu yang datang sebagai tanda rasa syukur dan kebersamaan. Mereka juga akan memberikan sedekah kepada orang-orang yang kurang beruntung sebagai bentuk kepedulian sosial.

Dalam tradisi ini, masyarakat setempat menunjukkan rasa syukur mereka atas hasil panen yang diperoleh dan mengajarkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial. Indonesia itu memang kaya akan budanya, ya Sobat Asga. Jadi, kapan mau healing untuk berwisata kembali sekaligus mempelajari budaya Indonesia nih, Sobat Asga? Yuk, rencanakan perjalananmu bersama Asgatour.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >