fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Hagia Sophia: Menikmati Kekayaan Sejarah dan Keajaiban Arsitektur

Hagia Sophia: Menikmati Kekayaan Sejarah dan Keajaiban Arsitektur

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Destinasi / Rekomendasi
28
May 2023

Hagia Sophia terletak di Istanbul Turki merupakan salah satu tempat wisata paling ikonik dan bersejarah di dunia. Bangunan ini telah menjadi saksi perjalanan panjang sejarah dan telah melalui transformasi yang menakjubkan sepanjang zaman. Dari gereja Kristen ke masjid, dan akhirnya menjadi museum, Hagia Sophia telah menjadi simbol toleransi budaya dan keindahan arsitektur yang tak tergoyahkan.

(Google Maps/Mohamed Gasim)

Sejarah Hagia Sophia

Hagia Sophia, yang berarti “Kebijaksanaan Suci” dalam bahasa Yunani, pertama kali dibangun pada abad ke-6 oleh Kaisar Bizantium, Justinianus I. Gereja asli yang dibangun pada tahun 537 Masehi adalah sebuah keajaiban arsitektur Bizantium yang megah, dengan kubah setinggi 55 meter dan mosaik indah yang menghiasi dinding dalamnya.

Pada tahun 1453, setelah penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II dari Kekaisaran Ottoman, Hagia Sophia diubah menjadi masjid. Mimbar dan mihrab ditambahkan dan beberapa mosaik Kristen ditutupi atau dihancurkan. Pada saat itu, Hagia Sophia menjadi pusat keagamaan penting bagi Umat Islam.

Namun, pada tahun 1935, pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk, mengubah Hagia Sophia menjadi museum sebagai bagian dari upayanya untuk menjadikan Turki sebagai negara sekuler. Sebagai museum, Hagia Sophia menjadi tempat yang terbuka untuk umum dan melintasi batas agama, budaya, dan sejarah.

Aktivitas Menarik di Hagia Sophia

1.Menjelajahi Keajaiban Arsitektur. Kunjungan ke Hagia Sophia memungkinkan kamu mengagumi keindahan dan keajaiban arsitektur Bizantium. Nikmati kubah besar yang memukau, lengkungan yang indah, dan kolom-kolom marmernya yang megah. Kamu dapat melihat perpaduan elegan antara elemen-elemen Kristen dan Islam yang ada di dalamnya.

(Google Maps/John Figuerres)

2. Mengagumi Mosaik dan Fresko. Meskipun beberapa mosaik Kristen di Hagia Sophia telah rusak atau ditutupi selama penggunaannya sebagai masjid, kamu masih dapat menemukan beberapa contoh yang indah. Beberapa mosaik yang tersembunyi di bawah lapisan gipsum telah dipulihkan dan dapat dilihat oleh pengunjung. Selain itu, fresko abad ke-9 yang menggambarkan Yesus dan Maryam dengan Anak adalah salah satu karya seni yang paling mengesankan di Hagia Sophia.

(Google Maps/Rahul Rajeev)

3. Mengunjungi Galeri dan Museum. Di Hagia Sophia, terdapat beberapa galeri yang menampilkan artefak-artefak bersejarah dan seni rupa Bizantium. Kamu dapat menjelajahi museum dan melihat koleksi termasuk relik sejarah, potret kaisar Bizantium, dan artefak-agama yang beragam.

Nah itu dia berbagai aktivitas menarik di Hagia Sophia yang bisa kamu lakukan loh, Sobat Asga. Berlibur sambil menambah wawasan bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang kaya akan sejarah. Percayakan perjalananmu dengan aman dan nyaman bersama Asgatour. Hubungi Asgatour di nomor WhatsApp 081-7220-200 untuk informasi lebih lanjut

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >