fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Tentang Wisata Halal: Definisi dan Konsep Wisata Halal

Tentang Wisata Halal: Definisi dan Konsep Wisata Halal

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Wisata
29
May 2023

Wisata Halal, juga dikenal sebagai muslim-friendly travel, adalah konsep perjalanan yang mengacu pada pengalaman wisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam. Konsep ini telah menjadi semakin populer di kalangan wisatawan Muslim yang mencari destinasi dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan kepercayaan mereka. Wisata Halal tidak hanya mencakup makanan halal, tetapi juga aspek-aspek lain yang penting bagi wisatawan Muslim, seperti akomodasi, transportasi, dan aktivitas yang ramah Muslim.

Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat memahami apa yang dimaksud dengan Wisata Halal:

1.Makanan Halal. Salah satu aspek terpenting dalam Wisata Halal adalah makanan halal. Para wisatawan Muslim mencari restoran, kafe, atau tempat makan yang menyajikan makanan yang disiapkan dengan bahan-bahan yang halal dan mematuhi aturan-aturan Islam. Mereka juga mencari tempat yang memiliki sertifikasi halal atau direkomendasikan oleh lembaga pengawas halal terpercaya.

2. Akomodasi Ramah Muslim. Wisata Halal juga mencakup akomodasi yang ramah Muslim. Hotel atau penginapan yang ramah Muslim biasanya menyediakan fasilitas seperti kamar mandi yang dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat dan sajadah, serta menyediakan makanan halal di restoran atau melalui layanan kamar. Beberapa akomodasi juga memiliki area khusus untuk ibadah, seperti musala atau ruang shalat.

(Google Maps/Mohamed Gasim)

3. Aktivitas dan Atraksi Wisata yang Sesuai Syariah. Wisata Halal juga mempertimbangkan aktivitas dan atraksi wisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Ini bisa mencakup kunjungan ke tempat ibadah seperti masjid, kuil, atau gereja, serta menghindari aktivitas yang bertentangan dengan nilai-nilai agama, seperti perjudian atau konsumsi alkohol. Wisatawan Muslim juga mungkin mencari destinasi yang menawarkan lingkungan yang bersih, aman, dan santun.

4. Transportasi yang Memenuhi Kebutuhan Muslim. Dalam Wisata Halal, transportasi juga menjadi faktor penting. Wisatawan Muslim mencari opsi transportasi yang ramah Muslim, seperti layanan transportasi umum yang memiliki fasilitas khusus untuk pemegang paspor Muslim, seperti tempat penyimpanan makanan halal atau fasilitas penunjuk arah kiblat. Mereka juga mencari pilihan transportasi yang mengakomodasi kebutuhan khusus, seperti waktu shalat, dalam jadwal perjalanan.

5. Pengalaman Budaya dan Edukatif. Wisata Halal tidak hanya tentang memenuhi kebutuhan praktis, tetapi juga tentang pengalaman budaya dan edukatif yang bermanfaat bagi wisatawan Muslim. Ini bisa melibatkan kunjungan ke museum, galeri seni, atau lokasi bersejarah yang memberikan pemahaman lebih dalam tentang budaya dan sejarah suatu tempat.

Wisata Halal memberikan kesempatan bagi wisatawan Muslim untuk menjelajahi dunia dengan kenyamanan, kesesuaian syariah, dan kemudahan akses terhadap layanan yang memenuhi kebutuhan dan keyakinan mereka. Munculnya destinasi dan layanan yang lebih ramah Muslim di seluruh dunia telah memungkinkan para wisatawan Muslim untuk mengalami pengalaman wisata yang tak terlupakan tanpa mengorbankan prinsip-prinsip agama mereka.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >