fbpx
IKUTI
  • 1 tahun yang lalu / dibuka kemitraan asgatour 2023 ! semua orang bisa jadi pengusaha tour and travel
  • 1 tahun yang lalu / Asgatour .: liburan tanpa mumet tanpa ribet :.
  • 1 tahun yang lalu / asgatour private & custom tour specialist
Perbedaan antara Paspor Biasa dan Paspor Elektronik: Mengenal Evolusi dalam Perjalanan Internasional

Perbedaan antara Paspor Biasa dan Paspor Elektronik: Mengenal Evolusi dalam Perjalanan Internasional

Oleh : Fidella Sita Aprila - Kategori : Informasi
1
Jun 2023

Paspor adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara untuk mengidentifikasi dan memverifikasi identitas warganya saat melakukan perjalanan internasional. Dalam beberapa tahun terakhir, paspor elektronik, juga dikenal sebagai e-paspor, telah menjadi alternatif populer bagi paspor biasa. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara paspor biasa dan paspor elektronik:

1.Teknologi Chip. Perbedaan paling mencolok antara paspor biasa dan paspor elektronik terletak pada adanya teknologi chip pada paspor elektronik. Paspor elektronik dilengkapi dengan chip yang tertanam di dalamnya, yang berisi informasi pribadi dan biometrik pemegang paspor, seperti foto wajah, sidik jari, atau iris mata. Teknologi ini memungkinkan penyimpanan dan pengolahan data yang lebih canggih, sehingga meningkatkan keamanan dan otentikasi identitas pemegang paspor.

2. Keamanan yang Lebih Tinggi. Dalam hal keamanan, paspor elektronik menawarkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan paspor biasa. Teknologi chip pada paspor elektronik menggunakan enkripsi dan tanda tangan digital untuk melindungi data yang tersimpan di dalamnya. Hal ini membuatnya lebih sulit untuk dipalsukan atau digandakan oleh pihak yang tidak berwenang. Keamanan yang ditingkatkan ini membantu melindungi identitas pemegang paspor dan mencegah penyalahgunaan dokumen perjalanan.

3. Kemudahan Akses dan Verifikasi. Paspor elektronik memungkinkan pemegangnya untuk mengakses jalur imigrasi yang khusus di bandara atau pelabuhan yang dilengkapi dengan teknologi pemindaian otomatis. Pemegang paspor elektronik dapat menggunakan pintu e-gate atau fast track, yang mempercepat proses imigrasi dan mengurangi waktu antri di pintu masuk negara tujuan. Teknologi biometrik yang terintegrasi dalam paspor elektronik juga memudahkan verifikasi identitas pemegang paspor, meningkatkan efisiensi di pintu-pintu imigrasi.

4. Kompatibilitas Global. Paspor elektronik umumnya mematuhi standar internasional yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO), sehingga dapat diterima di banyak negara di seluruh dunia. Ini memungkinkan pemegang paspor elektronik untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi tanpa hambatan atau kesulitan dalam proses imigrasi. Standarisasi ini mempermudah perjalanan internasional dan memfasilitasi mobilitas global.

5. Kemajuan Teknologi dan Layanan Tambahan. Dengan adanya teknologi chip dan konektivitas elektronik, paspor elektronik dapat menawarkan layanan tambahan yang tidak tersedia dalam paspor biasa. Misalnya, beberapa negara menyediakan portal online atau aplikasi yang memungkinkan pemegang paspor elektronik untuk memperpanjang masa berlaku paspor, melacak status visa, atau mengajukan permohonan izin tinggal secara online. Ini mengurangi kerumitan administratif dan memudahkan pengelolaan dokumen perjalanan.

Meskipun paspor elektronik memiliki keunggulan dalam hal keamanan dan kemudahan akses, paspor biasa masih digunakan secara luas di banyak negara. Penting untuk mencatat bahwa perbedaan ini tergantung pada kebijakan dan regulasi yang berlaku di masing-masing negara. Apapun jenis paspornya, penting bagi pemegang paspor untuk menjaga keamanan dokumen perjalanan mereka dan mematuhi aturan serta peraturan imigrasi negara yang dikunjungi.

0 Komentar

ALamat Kami

PT. Wakca Intan Wisata

SIUP 0220107362663
NPWP 54.591.551.4-444.000
Jl. Panawuan No. 15, RT. 04/07, Ds. Sukajaya, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut - 44151 - 44151

0817220200

hubungi kami >