IKUTI
Info Asgatour
  • 7 bulan yang lalu / Asgatour adalah tour operator wisata no. #1 di garut
  • 9 bulan yang lalu / Rasakan pengalaman baru !! fun off-road Garut, menikmati jalur dan pemandangan dari gunung guntur hingga gunung papandayan
Burayot Makanan Tradisional Khas Garut

Burayot Makanan Tradisional Khas Garut

Oleh : Asgatour - Kategori : Artikel
22
Dec 2020

Garut yang berlokasi di wilayah Kec. Leles, Kadungora, Wanaraja. 

Makanan ini terbuat dari bahan  Gula merah, Tepung Beras, Kacang Tanah, Minyak Kelapa yang melalui proses membutuhkan waktu yang tidak terlalu cukup lama untuk menghasilkan 1 kue Burayot. 

Tempat wisata Candi Cangkuang / Situ Cangkuang merupakan wilayah yang cukup terkenal dengan produksi makanannya Burayot bahkan pernah di liput di salah satu Stasiun TV Swasta, oleh karena itu Cangkuang Leles merupakan daerah yang cukup dikenal dengan Burayotnya, di banding Kadungora dan Wanaraja.  

Jika kita ingin menemui kue Burayot dadakan bisa di jumpai di pasar- pasar, misal pasar Kadungora kita bisa membeli kue Burayot yang dadakan masih panas seperti halnya kue Balok, lebih enak di makan panas – panas, dengan menunggu beberapa menit  prosesnya setelah itu kita bisa buktikan rasanya.

Menjelang Lebaran biasanya kue ini di produksi di tiap Rumah untuk di konsumsi sendiri di saat Lebaran tiba, ada juga yang di produksi khusus untuk di jual dengan jumlah produksi yang cukup besar, biasanya memenuhi pesanan menjelang Lebaran. 

Burayot lebih enak di santap Dadakan di banding dengan Kue Burayot yang telah di kemas dan di jual di toko – toko, yang mungkin rasanya agak cukup berbeda di karena kue tersebut di simpan terlebih dahulu. 

Bahan baku Kue Burayot sangat mempengaruhi rasa Burayot sendiri, misal penggunaan Gula merah yang berbeda bisa menghasilkan rasa yang berbeda, oleh karena itu pembuatan Kue Burayot tidak sembarang menggunakan bahan yang sama, karena kualitas bahan dini berperan penting. 

Mudik ke Garut menjelang Lebaran pasti tidak aneh lagi kalau di sajikan kue Burayot jika berkumpul bersama keluarga atau bersilaturahmi ke Rumah  teman / tetangga untuk sekedar ngobrol   menikmati cuaca dingin Garut dengan menikmati kue Burayot Dadakan atau Burayot yang telah di sajikan di dalam piring dan sejenisnya.  

Garut terkenal dengan khas kulinernya selain Dodol yang mendunia Burayot juga perlu di perhitungkan meskipun masih banyak lagi seperti Endog Lewo, Kurupuk Asoy, Ranginang dll

Semoga Burayot lebih di kenal di skala Nasional mudah – mudahan sampai Inetrnasional dan bisa  bersaing dengan makanan dari luar

.Sumber; https://www.kompasiana.com/aguskusdinar/593b7f1a519373bc1b5a033d/burayot-makanan-tradisional-khas-garut

0 Komentar

Data Perusahaan

PT Wakca Intan Wisata

SIUP 8120116011117
NPWP 54.591.551.4-444.000
Cluster d❛Platinum, Jalan Suherman Kav.54, Jati - Tarogong Kaler, Garut - 44151

0817-220-200