IKUTI
Info Asgatour
  • 1 minggu yang lalu / Marhaban yaa Ramadhan, ASGATOUR mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa !
  • 2 bulan yang lalu / Asgatour adalah tour operator wisata no. #1 di garut
JERUK GARUT, POTENSI YANG SEMAKIN MANIS

JERUK GARUT, POTENSI YANG SEMAKIN MANIS

Oleh : Asgatour - Kategori : Artikel
22
Dec 2020

Kabupaten Garut merupakan sentra pertanian jeruk yang potensial di Jawa Barat. Kabupaten Garut Menyumbang 63% produksi jeruk di Jawa Barat. Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Garut, terdapat sekitar 1400 hektar lahan yang ditanami jeruk yang tersebar di 8 kecamatan yaitu Samarang, Pasirwangi, Cisurupan, Karangpawitan, Cigedug, Pakenjeng, Cikajang dan Bayongbong. Komoditas jeruk memegang peranan penting mengangkat perekonomian dan kesejahteraan petani.

Berdasarkan program pembangunan pertanian Kabupaten Garut, Kecamatan Bayongbong termasuk kawasan agropolitan yang salah satu potensi komoditas unggulannya adalah jeruk. Areal pertanaman jeruk di Kecamatan Bayongbong tersebar di 7 desa yaitu Mekarsari, Banjarsari, Mekarjaya, Pamalayan, Ciburuy, Salakuray, Sirnagalih. Desa Mekarjaya menjadi lokasi utama pengembangan jeruk dengan total luas tanaman jeruk 10 hektar yang terbagi menjadi 3 kelompok tani utama dan sisanya tersebar di beberapa kelompok. Desa Mekarjaya menjadi lokasi yang cocok untuk ditanami jeruk karena memenuhi syarat ketinggian tempat 700-1200 m dpl, derajat keasaman tanah 5,5 – 6,5, jenis tanah andosol. 

Jenis jeruk yang ditanam diantaranya adalah jeruk siem, jeruk keprok, jeruk konde, dan jeruk orange Priangan. Dilihat dari varietas unggulannya, jeruk keprok dan jeruk siem menjadi varietas utama yang ditanam. Sekitar 33% dari seluruh varietas adalah varietas jeruk keprok. jeruk keprok garut memiliki ciri khas dan keunggulan antara lain aromanya khas, menyegarkan, rasanya manis sedikit asam, warna kulit kekuningan, daging buah mudah mengelupas dari kulitnya. Sedangkan jeruk siem memiliki rasa yang lebih manis, kulit buah yang lebih tipis, aromanya tidak terlalu khas seperti jeruk keprok. Tanaman jeruk siem dapat menghasilkan pada umur 1,5 sampai dengan 2 tahun, sedangkan tanaman jeruk keprok garut menghasilkan pada usia 2,5 sampai dengan 3 tahun. 

Tahun 2019, Dinas Pertanian Kabupaten Garut memiliki program pengembangan jeruk garut. Salah satu kelompok pelaksana adalah kelompok Harum Tani Desa Mekarjaya. Luas lahan komoditas jeruk kelompok Harum Tani adalah 3 hektar, dengan kondisi pertanaman mulai dari usia 1 tahun sampai 3 tahun. Beberapa lokasi memerlukan peremajaan dan memerlukan jenis bibit yang berkualitas.

Rencana pengembangan komoditas jeruk di kelompok Harum Tani seluas 3 hektar, dan berdasarkan analisa usaha, memerlukan sekitar 1500 pohon bibit jeruk. Jenis jeruk yang ditanam jeruk siem dan jeruk keprok. Menurut H. Ayi, anggota kelompok Harum Tani, kelompoknya mengembangkan jeruk dengan rata-rata produksi 1 sampai 2 kuintal per pohon untuk produksi dalam 1 tahun. Harga jeruk siemdi kebun pada umumnya berkisar antara Rp 10.000,- sampai Rp 13.000,-. Sedangkan harga jeruk garut lebih mahal yaitu berkisar Rp 20.000,- sampai Rp25.000,-. Biaya produksi kurang lebih Rp 250.

Ketersediaan produksi jeruk tergantung dari perlakuan pemupukan. Selain itu, jeruk keprok yang cenderung lebih lama untuk berbuah, memerlukan perlakuan khusus pada pohonnya yaitu perlakuan gangguan / stressing pada bagian percabangan, yang berdampak merangsang percepatan kesiapan primordia bakal bunga dan bakal buah.

Program pengembangan komoditas jeruk yang akan dimulai pada bulan oktober tahun 2019 diharapkan akan meningkatkan produksi jeruk garut, dan secara khusus berdampak pada meningkatnya pendapatan petani. Jeruk garut yang pernah berjaya pada tahun 1980an, ke depannya dapat kembali menjadi komoditas utama Kabupaten Garut, menjadi potensi yang dapat terus dikembangkan. Para petani akan merasakan manisnya hasil dari jeruk garut

tSumber ; http://cybex.pertanian.go.id/artikel/59297/jeruk-garut-potensi-yang-semakin-manis

0 Komentar

Data Perusahaan

PT Wakca Intan Wisata

SIUP 8120116011117
NPWP 54.591.551.4-444.000
Cluster d❛Platinum, Jalan Suherman Kav.54, Jati - Tarogong Kaler, Garut - 44151

0817-220-200

0262-2790972

Tujuan Tour

Paket Populer

Pos Terbaru

Dodol garut
Pos : 29 December 2020