IKUTI
Info Asgatour
  • 7 bulan yang lalu / Asgatour adalah tour operator wisata no. #1 di garut
  • 9 bulan yang lalu / Rasakan pengalaman baru !! fun off-road Garut, menikmati jalur dan pemandangan dari gunung guntur hingga gunung papandayan
Tempat Wisata Baru Garut, Wisata Alam Leuwi Daleum

Tempat Wisata Baru Garut, Wisata Alam Leuwi Daleum

Oleh : ahzelan - Kategori : Artikel
28
Nov 2020

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, meluncurkan wisata baru menjelajahi aliran Sungai Leuwi Daleum di wilayah selatan Garut. Dilansir dari Antara, wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni wisata petualangan dan pemandangan alam yang masih asri. “Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati wisata air sungai menggunakan perahu karet sambil menikmati indahnya panorama alam di sekeliling arus yang dilalui,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan melalui siaran pers di Garut, Jumat (3/9/2020).

Ia menuturkan, wisata air Leuwi Daleum yang berada di antara Kecamatan Cibalong dan Cisompet itu memiliki potensi wisata. Namun, saat ini keberadaannya masih tersembunyi, sehingga belum banyak diketahui masyarakat, terutama wisatawan dari luar kota. Wisata alam yang baru diresmikan itu, kata dia, merupakan kelanjutan dari program pengembangan wisata alam Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip. Bahkan, wisata alam tersebut sempat mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai wisata tersembunyi. “Ini adalah kelanjutan wisata Leuwi Tonjong yang ada di Kecamatan Cihurip yang meraih juara kedua sebagai ‘Surga Tersembunyi’ tingkat nasional tahun 2018, ini kami namakan tempat wisata alam Leuwi Daleum,” katanya.

Ia menyampaikan, wisata air Leuwi Daleum memiliki kualitas air yang jernih dengan sumber air dari Sungai Cisanggiri melewati dua gunung batu yang menjadi daya tarik tersendiri saat melewatinya. Selain menikmati sepanjang aliran sungai, kata Rudy, pengunjung juga dapat menikmati langsung hasil pertanian di sekitar wisata seperti sayur dan buah yang bisa dipetik untuk dinikmati langsung di kebun. “Ada buah-buahan segar yang bisa dipetik langsung, kami juga akan membuat pusat perkebunan buah- buahan Kabupaten Garut seluas 3 hektare,” katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini lokasi wisata air itu masih minim infrastruktur seperti kondisi jalan yang belum bagus termasuk akses jembatan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. Pemkab Garut, kata Bupati, secepatnya akan membuat jalan baru menuju tempat wisata Leuwi Daleum dan akan membangun jembatan sepanjang 16 meter yang akan dialokasikan pada tahun anggaran 2021. Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

Sumber: kompas.com

0 Komentar

Data Perusahaan

PT Wakca Intan Wisata

SIUP 8120116011117
NPWP 54.591.551.4-444.000
Cluster d❛Platinum, Jalan Suherman Kav.54, Jati - Tarogong Kaler, Garut - 44151

0817-220-200